Lebih Tingkatkan Lagi Pelayanan, RSUD Sawerigading Palopo Resmikan Laboratorium Baru

148
Peresmian Lab Anatomi Patologi RSUD Sawerigading Palopo, Kamis (11 /2/2021 - Foto Har/Koran Seruya)
ADVERTISEMENT

PALOPO–Langkah strategis RSUD Sawerigading kota Palopo sebagai tempat pelayanan kesehatan masyarakat semakin ditunjukkan dengan kehadiran Laboratorium Patologi Anatomik.

Laboratorium Patologi Anatomik ini resmi beroperasi, Kamis, 11 Februari 2021 setelah diresmikan oleh Direktur Utama RSUD Sawerigading, dr Nasaruddin Nawir yang telah mengantongi Izin Operasional sebagai Laboratorium Khusus Patologi Anatomik dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

ADVERTISEMENT

Dirut RSUD Sawerigading, dr Nasaruddin menjelaskan inisiatif dalam membuka Laboratorium Patologi Anatomik ini, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat terhadap layanan pemeriksaan kesehatan yang berkualitas dan komprehensif.

“Kita memeriksa kurang lebih 30 sampel kasus setiap bulan,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

“Oleh karenanya dibutuhkan kecepatan dalam pelayanan, sebelumnya sampel kasus kita kirim ke Makassar untuk diidentifikasi dan itu butuh waktu 2 sampai 3 minggu,” ucapnya kepada Koran Seruya.

Menurut dr Nasaruddin dengan kehadiran laboratorium patologi anatomi di RSUD Sawerigading pihaknya hanya membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari untuk penegasan diagnosa penyakit terhadap pasien.

“Diharapkan dengan kehadiran Laboratorium Patologi Anatomik ini, RSUD Sawerigading dapat terus memberikan layanan pemeriksaan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat Khususnya di Luwu Raya,” harapnya.

Kepala Instalasi Laboratorium Patalogi Anatomik RSUD Sawerigading Kota Palopo, dr Rismayanti Amran SP.PA mengatakan bahwa Laboratorium Patologi Anatomik bertujuan untuk menyediakan layanan yang berkualitas bagi masyarakat seiring dengan meningkatnya jumlah sampel kasus yang ditangani oleh RSUD Sawerigading.

“Dengan adanya laboratorium ini, kami juga berharap Rumah Sakit terdekat dapat memanfaatkan keberadaannya, dengan mengirim jaringan untuk diidentifikasi,” ungkap dr Risma.

Dengan pengadaan alat tersebut RSUD Sawerigading harus merogoh kocek, Rp1 M lebih.

“Untuk hasil maksimal, tentu kita butuh pengorbanan yang besar, dan salah satu pengorbanan kita membeli alat, meski harganya lumayan besar,” sebut dr Risma.

Untuk diketahui, Laboratorium Patologi Anatomik adalah laboratorium klinik khusus yang melayani pemeriksaan sampel jaringan manusia, dan sampel cairan pada tubuh manusia.

Hal ini bertujuan untuk memberikan ketegasan pada penyakit yang diderita oleh seorang pasien, guna memberikan tindakan penanganan lebih lanjut dan lebih tepat.

(har)

ADVERTISEMENT