Luwu Raya Kembali Melawan Covid-19, Jalan Disemprot Disinfektan Hingga Vaksinasi Massal

103
Tim Polres Palopo melakukan penyemprotan disinfektan di ruas jalan utama Kota Palopo, Rabu (30/6/2021). Penyemprotan itu sendiri menggunakan mobil water Canon milik Polres Palopo.
ADVERTISEMENT

PALOPO–Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah daerah dan pihak terkait di Luwu Raya untuk memerangi penyebaran virus corona atau covid-19. Berbagai upaya dilakukan menyusul penyebaran virus covid-19 kembali meningkat di wilayah Luwu Raya mulai Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur.

Di Kota Palopo, misalnya, untuk menekan penyebaran Covid-19, Polres Palopo melakukan penyemprotan disinfektan di ruas jalan utama Kota Palopo, Rabu (30/6/2021). Penyemprotan itu sendiri menggunakan mobil water Canon milik Polres Palopo.

Kasubag Humas Polres Palopo, AKP Edy mengatakan ini merupakan upaya Polres Palopo dalam menekan jumlah penyebaran Covid-19.

“Pelaksanaan Penyemprotan Disinfektan dalam rangka hari bhayangkara ke-75 sekaligus mencegah penyebaran virus covid-19 di Kota Palopo,” kata AKP Edy.

ADVERTISEMENT

“Kami berharap, Covid-19 dapat segera dikendalikan. Masyarakat juga harus sadar dan mengikuti protokol Kesehatan di setiap aktivitas,” pungkasnya.

Sehari sebelumnya, Polres Palopo kembali menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19. Kegiatan vaksinasi melalui Program Gerai Vaksin dilaksanakan di Aula Pratidina Polres Palopo, Selasa (29/6/2021).

ADVERTISEMENT

Sebanyak 250 peserta terdiri atas keluarga besar anggota Polri dan masyarakat umum ikut dalam vaksinasi kali ini. Ini juga upaya Polres Palopo dalam menekan penyebaran Covid-19.

Kasubag Humas Polres Palopo, AKP Edi Sulistyono mengatakan kegiatan ini dalam rangka percepatan progres vaksinasi, khususnya di Kota Palopo. “Polres Palopo menyiapkan 250 dosis vaksin untuk hari ini,” kata Edi.

Selain mempercepat progres vaksinasi, kegiatan dilakukan juga sebagai bagian dari peringatan Hari Bhayangkara ke-75.

“Vaksinasi massal Polres Palopo melalui Gerai Vaksin Presisi Bhakti Kesehatan Bhayangkara untuk Negeri,” ujarnya.

Kegiatan ini juga sebagai wujud transformasi menuju Polri yang presisi, mendukung percepatan penanganan Covid-19 untuk masyarakat sehat. Juga pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia Maju.

Pelaksanaan vaksinasi massal ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Palopo dari Puskesmas Wara. Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, terlebih dahulu para peserta dilakukan sejumlah tahapan.

Mulai dari registrasi, pengecekan suhu tubuh, tensi darah, kemudian dilakukan skrining. Selain di Mapolres Palopo, Gerai Vaksin juga dibuka di Mapolsek Wara Utara Resor Palopo. Vaksinasi di Mapolsek Wara Utara diikuti 215 orang peserta.

Sebelumnya, Polres Palopo juga telah menggelar vaksinasi massal di Lapangan Pancasila Palopo, Sabtu (26/6/2021). Kegiatan tersebut diikuti sekitar 1.900 orang peserta dari kalangan masyarakat umum.

Sementara itu, Bupati Luwu, Basmin Mattayang meminta kepada camat dan kepala desa untuk menegur warga yang tidak mengikuti protokol kesehatan. Hal itu diungkapkan saat membuka sosialisasi kelembagaan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan Lembaga Adat Desa (LAD) di Aula Celebes Islamic School, Belopa, Selasa (29/6/2021).

“Kita perketat protokol kesehatan, tegur langsung jika terdapat masyarakat yang masih enggan menggunakan masker,” kata Basmin Mattayang.

“Tugasnya pak camat, lurah dan desa adalah bagaimana membekali masyarakat, bagaimana membentuk karakter masyarakat, dan memperhatikan nilai-nilai kehidupan masyarakatnya,” tegas Basmin.

Hal senada juga diungkapkan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Bupati Luwu Utara dua periode itu mengatakan Satgas Penanganan Covid-19, khususnya tim vaksin bersama forkopimcam agar mengantisipasi terjadinya kerumunan.

“Vaksinasi kita lakukan, saya harapkan tidak terlalu berkerumun. Tetap menegakkan protokol kesehatan, karena ingat bukan berarti sudah divaksin kita bebas melakukan apa saja, tapi tetap harus melaksanakan protokol kesehatan,” kata Indah.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Lutra dua periode seusai mengikuti Rakor pengendalian penyebaran dan penanganan Covid-19 di ruang command center, Kantor Bupati Luwu Utara, Jl Simpurusiang, Kelurahan Bone Tua, Kecamatan Masamba, belum lama ini. (***)

ADVERTISEMENT