Luwu Utara Siap Berpartisipasi di Pekan Raya Sulsel, Pameran Multiproduk Unggulan Daerah

44
Rapat Pemantapan Partisipasi Pameran Pekan Raya Sulsel, Rabu (26/10/2022), di Ruang Rapat DPMPTSP. (Dok. Pemkab Luwu Utara)
ADVERTISEMENT

LUWU UTARA — Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara akan berpartisipasi dalam Pameran Pekan Raya Sulsel ke-8 yang akan dilaksanakan di Hotel Claro Makassar, 1 – 4 November 2022 mendatang.

Dalam rangka keikutsertaan Pemda Luwu Utara pada pameran tersebut, Dinas PMPTSP selaku leading sector kegiatan tersebut, melangsungkan Rapat Pemantapan Partisipasi Pameran Pekan Raya Sulsel, Rabu (26/10/2022), di Ruang Rapat DPMPTSP.

ADVERTISEMENT

Rapat ini diikuti sejumlah Perangkat Daerah (PD) terkait lainnya, di antaranya Bappelitbangda, DPKP, DP2KUKM, Disporapar, Diskominfo-SP, Dishub, dan Bagian Ekonomi Setda, yang diharapkan ikut berpartisipasi dalam pameran multiproduk tersebut.

Rapat dibuka Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Muhammad Yamin. Dalam arahannya, Yamin berharap agar Perangkat Daerah terkait dapat mengambil bagian dan berpartisipasi pada pameran tersebut.

ADVERTISEMENT

“Demi suksesnya kegiatan ini, maka kita harus membicarakan terkait apa saja yang perlu kita persiapkan. Terutama kesiapan kita menampilkan apa-apa yang akan dipamerkan nanti,” kata Yamin, saat membuka rapat.

Senada dengan hal itu, Kepala DPMPTSP, Ahmad Jani, juga sangat berharap keterlibatan seluruh Perangkat Daerah terkait agar dapat berpartisipasi memamerkan seluruh potensi yang ada, terutama produk unggulan Luwu Utara.

Untuk itu, Perangkat Daerah seperti DP2KUKM, Disporapar, Disdikbud, Dinas Pertanian, DPKP dan yang lainnya agar menampilkan produk unggulan masing-masing.

“Kita hadir mengikuti pameran ini nantinya untuk memamerkan potensi Luwu Utara yang dapat kita kembangkan ke depan, baik dari produk pangan, pakaian, hingga pariwisata,” jelas Jani.

“Setiap Perangkat Daerah yang kita undang wajib berpartisipasi dan mengambil bagian dalam pameran ini sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing PD,” sambung dia.

Apa saja yang akan dipamerkan Luwu Utara dalam pameran tersebut? Untuk DP2KUKM seperti biasa akan tetap membawa produk UMKM yang selama ini menjadi unggulan, seperti cokelat, madu, dan beberapa produk kerajinan tangan.

Dari DPKP juga mengaku akan menyiapkan produk unggulannya, seperti abon ikan, beras khas Luwu Utara, serta keripik daun.

Pun dari Disporapar yang tetap akan menyiapkan batik Rongkong dengan berbagai motif, untuk dipamerkan nantinya dalam pameran tersebut.

Sementara dari Disdikbud, khususnya Kebudayaan, akan menyiapkan pakaian khas Rampi, termasuk menyiapkan foto-foto dan video tentang keindahan alam Luwu Utara.

Tak kalah pentingnya adalah menyiapkan brosur terkait objek wisata yang ada di Luwu Utara, berserta data pendukung lainnya, termasuk data tentang perindustrian. Ini penting agar calon investor mengetahui potensi yang dimiliki Luwu Utara.

Diketahui, Pameran Multiproduk Pekan Raya Sulsel Tahun 2022 ini dilaksanakan sebagai rangkaian dari Peringatan Hari Jadi Ke-353 Sulawesi Selatan.

Pameran ini adalah media promosi yang representatif dan efektif untuk memperkenalkan produk unggulan daerah, sekaligus menjadi ajang hiburan belanja dan rekreasi keluarga yang murah dan positif. (ZJA/LH)

ADVERTISEMENT