Mahasiswa Magister Terapan APN Politeknik STIA LAN Makassar Benchmarking di MPP Pemda Badung

37
25 Mahasiswa Magister Terapan Administrasi Pembangunan Negara (APN) Politeknik STIA LAN Makassar Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan ke Mall Pelayanan Publik (MPP) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Badung Provinsi Bali, Kamis (15/9/2022). (Foto : ist)
ADVERTISEMENT

BALI — 25 Mahasiswa Magister Terapan Administrasi Pembangunan Negara (APN) Politeknik STIA LAN Makassar Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan ke Mall Pelayanan Publik (MPP) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Badung Provinsi Bali, Kamis (15/9/2022).

Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan perbandingan kebijakan yang bisa dijadikan tolok ukur bagi Mahasiswa Magister Terapan APN Politeknik STIA LAN Makassar yang notabene sebagian besar berasal dari kalangan ASN. Benchmarking dipimpin Wakil Direktur (Wadir) III STIA LAN Makassar, Dr. Najmi Kamariah, M.Si., dan Ketua Prodi APN, Dr. Deasy Mauliana, SH.,MH.

ADVERTISEMENT

Sebelum diterima Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Badung melalui Analis Kebijakan Ahli Madya, I Dewa Ayu Juristiningsih, S.Sos., M.Si., rombongan Benchmarking Politeknik STIA LAN Makassar melakukan kunjungan ke MPP DPMPTSP Badung yang letaknya berada di lantai I Kantor DPMPTSP.

Melalui Humas MPP DPMPTSP Badung, rombongan Benchmarking STIA LAN Makassar mendapatkan informasi dan penjelasan detail tentang keberadaan 263 jenis layanan dari 29 instansi, baik instansi pemda maupun instansi vertikal, dalam MPP tersebut.

ADVERTISEMENT

Berdasarkan penjelasan Humas MPP DPMPTSP, ada 10 bentuk layanan di MPP tersebut, yaitu layanan langsung, layanan elektronik, layanan mandiri, layanan bergerak, layanan informasi dan konsultasi, layanan prioritas pada Lounge MPP, layanan berbantuan petugas, layanan pengaduan, disabilitas, serta layananpendukung.

Usai kunjungan ke MPP, rombongan Benchmarking Politeknik STIA LAN Makassar kemudian diterima Analis Kebijakan Ahli Madya DPMPTSP Badung, I Dewa Ayu Juristiningsih.

Wadir III Politeknik STIA LAN Makassar, Najmi Kamariah, mengatakan bahwa kunjungan mereka ke MPP Badung adalah dalam rangka pelaksanaan kegiatan yang menjadi tahapan keberadaan dari mahasiswa program magister terapan administrasi pembangunan negara.

“Jadi, kami itu ada namanya program Benchmarking, yang tujuannya untuk melihat best practice yang ada di DPMPTSP Badung yang bisa menjadi tolok ukur atau menjadi inspirasi yang bisa menjadi bahan pembelajaran bagi mahasiswa karena mahasiswa kami ini ada juga dari kalangan ASN,” kata Najmi.

Najmi mengatakan, selain sebagai bahan pembelajaran bagi mahasiswa, kunjungan Benchmarking ini juga menjadi wadah bagi dosen STIA LAN dalam mendapatkan wawasan dan pengalaman terkait bagaimana memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Pada kesempatan itu, ia sangat mengapresiasi MPP yang keberadaannya sangat luar biasa dalam membantu masyarakat yang membutuhkan berbagai jenis layanan. “MPP ini sangat luar biasa dan sangat menginspirasi, karena kita bisa mendapatkan bagaimana MPP di sini memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” imbuhnya.

“Meski usia MPP ini masih 4 tahun, tetapi sudah mendapatkan penghargaan dan piala tertinggi dalam hal pelayanan publik, bahkan sudah tiga kali. Untuk itu, kami berterima kasih sekali karena dapat diterima dengan sangat baik di sini,” tandasnya.

Sementara itu, Analis Kebijakan Ahli Madya DPMPTSP Badung, I Dewa Ayu Juristiningsih, menyambut hangat kedatangan Tim Benchmarking STIA LAN Makassar. “Terima kasih atas kunjungan dari Politeknik STIA LAN Makassar ke DPMPTSP Pemda Kabupaten Badung dan terima kasih menjadikan tempat kami sebagai lokus kegiatan Benchmarking STIA LAN Makassar,” ucapnya. (LH)

ADVERTISEMENT