Mako Brimob akan Dibangun di Towuti, Bupati Lutim Teken Naskah Hibah Tanah dengan Kapolda Sulsel

119
BUPATI Luwu Timur (Lutim), H. Budiman dan Ketua DPRD Lutim, Aripin, berfoto bersama Kapolda Sulsel, Irjen Pol. Drs. Nana Sudjana, As, MM, usai penandatangan naskah hibah tanah
ADVERTISEMENT

MALILI–Bupati Luwu Timur (Lutim), H. Budiman didampingi Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty menyambut kedatangan Kapolda Sulsel, Irjen Pol. Drs. Nana Sudjana, As, MM, bersama Ketua Bhayangkari Daerah Sulsel, Shinta Nana Sudjana beserta rombongan di Bandara Sorowako, Senin (13/06/2022).

Rombongan disambut Tarian Monsado dari Sanggar Iniaku Budaya Desa Sorowako dan pengalungan bunga oleh Bupati Luwu Timur kepada Kapolda Sulsel, serta Ketua TP PKK Lutim menyerahkan buket bunga kepada Ketua Bhayangkari Daerah Sulsel.

Turut menyambut kedatangan Kapolda Sulsel, Kapolres Luwu Timur, AKBP. Silvester MM. Simamora beserta Ketua Bhayangkari Lutim, Anggota DPRD Sulsel, Ketua DPRD Lutim, Aripin, Perwira Penghubung, Mayor CBA Baktiar, Direksi PT. Vale Indonesia, Ketua Persit, Kapolres se-Luwu Raya, Kepala OPD lingkup Pemkab Lutim, Camat Nuha, Nur Syaifullah Rahman, dan jajaran Polres Luwu Timur.

Usai penyambutan, rombongan kemudian bertolak menuju ke Kecamatan Malili untuk melakukan serangkaian kegiatan kunjungan kerja Kapolda Sulsel.

ADVERTISEMENT

Kunker Kapolda diawali dengan meninjau Rusun Polres Luwu Timur. Usai meninjau, Bupati Luwu Timur, H. Budiman bersama Kapolda Sulsel, Irjen Pol. Drs. Nana Sudjana dan Kapolres Lutim, AKBP Silvester MM. Simamora melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah Lokasi Brimob Polda Sulsel, dan Naskah Perjanjian Hibah Daerah Lokasi Pospol Mahalona.

Dalam sambutannya, Bupati Lutim, H. Budiman mengucapkan selamat datang kepada Kapolda Sulsel di Kabupaten Luwu Timur, Bumi Batara Guru Wanua Mappatuo Naewai Alena, yang artinya negeri ini ramah terhadap seluruh siapapun yang datang. “Kenapa? karna orang Luwu meyakini bahwa, kalau sudah 3 hari di Tanah Luwu ini maka sudah menjadi orang Luwu,” ucapnya.

“Kami meyakini bahwa, jika ada pemimpin yang hadir ditempat ini Insha Allah akan membawa kebaikan-kebaikan termasuk di Bumi Batara Guru yang kita cintai bersama,” tegas Bupati Luwu Timur.

Untuk itu, Ia mengucapkan, atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Luwu Timur mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak Kapolda beserta seluruh jajaran di Luwu Timur.

Lanjut Bupati Lutim melaporkan, terkait penyerahan hibah barang milik daerah berupa tanah untuk pembangunan lokasi Mako Brimob kepada Kepolisian Daerah Sulsel seluas kurang lebih 30,7 hektar di Desa Libukan Mandiri Kecamatan Towuti.

“Jadi Kurang lebih 80 Km disini, kami dengan bapak Kapolres, di awal masa jabatannya bersama Forkopimda kami berkunjung ke tempat itu untuk memastikan bahwa ini bisa ditempati Mako Brimob. Semoga kehadiran Mako Brimob disana bisa ada pengembangan wilayah dan memberikan kenyamanan serta keamanan di wilayah Luwu Timur secara khusus dan diseluruh wilayah perbatasan Sulawesi Selatan – Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah,” harap Budiman.

Selain itu, lanjut Budiman, penyerahan hibah barang milik daerah berupa tanah untuk lokasi Pospol Mahalona seluas 2 hektar di Desa Libukan Mandiri, penyerahan hibah barang milik daerah berupa tanah untuk penambahan lokasi Kantor Polres Luwu Timur seluas kurang lebih 1,3 hektar yang berada di depan Rusun Polres Lutim.

“Ini sudah memasuki tahap II pembangunan Polres Lutim, tadinya ditahun pertama 5M, tahun 2022 15M, dan Insha Allah tahun depan ada lagi 5M. Semoga dengan dana itu, Mapolres Luwu Timur ini bisa selesai tepat waktu dan bisa digunakan di Kabupaten Luwu Timur,” tandas Bupati Luwu Timur.

Usai sambutan, Bupati Luwu Timur, Kapolda Sulsel melakukan penanaman pohon didepan Rusun Polres Luwu Timur. Selanjutnya menuju ke rumah nenek Torre’ untuk dilakukan peresmian dan penyerahan rumah kepada Warakawuri (istri pensiunan Polri), Nenek Torre’ oleh Kapolda Sulsel, Irjen Nana Sudjana.

Sekedar diketahui bersama, rumah nenek Torre dibangun melalui program Bedah Rumah milik Polres Luwu Timur. (kominfo-sp)

ADVERTISEMENT