Mantan Pelatih Jerman Diisukan Jadi Direktur Tekhnis Timnas Indonesia

343
ADVERTISEMENT

SERUYA, BOLA — Mantan pelatih sepakbola Timnas Jerman, Joachim Low dikabarkan bakal menjadi Direktur Tekhnis PSSI. Kabar itu berembus usai Ketua Umum PSSI, Erick Thohir melakukan konfrensi pers di hotel Fairmont, Jakarta.

“Kita mempunyai dua pelatih yang hebat. Direktur tekniknya harus independen. Karena itu salah satu pilihannya memang kita sedang coba akan rapat dengan Liga Jerman, dengan PSSI-nya Jerman (DFB),” ujar Erick Thohir dikutip koran SeruYa dari Bolanet, Senin (05/06/2023).

ADVERTISEMENT

Pria 63 tahun berkebangsaan Jerman itu dirasa cocok menjadi bagian di Timnas Indonesia karena segudang pengalamannya. Terlebih karena saat ini Joachim Low tengah mengganggur usai didepak dari kursi kepelatihan Timnas Jerman tahun 2021 lalu.

“Untuk Jerman kita sedang lihat CV untuk peran Direktur Teknik. Jadi semua kita bikin adil dan transparan. Kita ingin membangun tadi, tradisi yang profesional dan transparan,” tambah Erick Thohir.

ADVERTISEMENT

Jejak rekam Joachim Low di Timnas Jerman pernah dipermalukan Shin Tae-yong saat bersua dibabak penyisihan group di Piala Dunia 2018 Rusia. Shin Tae-yong kala itu masih menjadi juru taktik Timnas Korea Selatan.

Datang sebagai tim unggulan, Timnas Jerman kala itu masih berstatus juara bertahan harus taklut dari Korea Selatan dengan skor 2-0. Der Panzer julukan Timnas Jerman tampil menyerang sejak babak pertama tak mampu bebuat banyak saat memasuki seperdua garis pertahanan Korea Selatan.

ADVERTISEMENT

Pertandingan yang digelar di Kazan Arena, Rusia, 27 Juni 2018. Bak menghantam batu karang, stiker andalan Jerman dimotori Thomas Muller dkk hanya mampu melepaskan sejumlah peluang emas lewat sontekan jarak jauh hingga akhir babak kedua.

Kekalahan tragis dialami Jerman saat itu, menjerusmuskan mereka di dasar klasemen group F. Kenangan laga itu membuat nama Shin Tae-Yong melambung tinggi hingga diplot menjadi pelatih utama di Timnas Indonesia saat ini. (mat)

ADVERTISEMENT