Mantan Walikota Palopo Dimakamkan di Makassar, Sebelum Duhur Senin Besok

7396
ADVERTISEMENT

PALOPO–Jenazah mantan Walikota Palopo dua periode HPA Tenriadjeng telah disemayamkan di rumah duka di Jalan Dahlia, Mariso, Kota Makassar, Minggu (16/2/2020)

Informasi diperoleh KORAN SERUYA dari keluarga, jenasah HPA Tenriadjeng direncanakan dimakamkan sebelum salat duhur di Pemakaman Umum Katangka Makassar, Senin (17/2020).

HPA Tenriadjeng meninggal dunia dalam perawatan intensif di ruang ICU RS Islam Faisal Makassar, Minggu (16/2/2020) dini hari, pukul 04.00 WITA.

Jumat (14/2/2020) malam lalu, HPA Tenriadjeng kembali dibawa ke RS Faisal setelah sebelumnya diijinkan dokter keluar dari RS Stella Maris Makassar setelah dirawat lebih dari dua pekan.

ADVERTISEMENT

Mr Tenri, begitu sapaan karib almarhum, meninggal dalam usia 80 tahun karena penyakit jantung.

Catatan KORAN SERUYA, HPA Tenriadjeng adalah Walikota Palopo pertama. Dua periode memimpin Kota Palopo setelah sebelumnya menjabat Caretaker Walikota Palopo selama dua tahun lebih.

ADVERTISEMENT

Sebelum menjabat Caretaker Walikota Palopo, HPA Tenriadjeng menjabat Sekda Luwu. Diangkat menjabat Caretaker Walikota Palopo setelah Kota Palopo resmi terbentuk sebagai kota otonom.

Memimpin Kota Palopo, HPA Tenriadjeng dijuluki Bapak Pembangunan Kota Palopo. Sebab, ketika itu, eks ibukota kabupeten Luwu ini baru saja menjadi kota otonom.

Salah satu prestasi menonjol HPA Tenriadjeng kala itu, di periode pertama memimpin Palopo, yakni Kota Palopo meraih piala adipura pertama.

Prestasi demi prestasi ditorehkan Mr Tenri, sehingga eks ibukota Luwu ini dijuluki kota Idaman.

Beberapa bangunan monumental yang saat ini masih berdiri kokoh di Kota Palopo dibangun HPA Tenriadjeng, diantaranya Gedung Saodenrae Convention Centre, Gedung Kesenian, termasuk City Market Palopo yang kini jadi pusat perekonomian terbesar di Kota Palopo.

Salah satu program HPA Tenriadjeng yang sangat fenomenal di masa kepemimpinannya, yang sangat menyenangkan dan menyentuh warga miskin, yakni gerebek sahur.

Kegiatan ini dilaksanakan usai salat tarwih sampai jelang makan sahur, setiap bulan suci Ramadhan. Tenriadjeng turun langsung bersama camat dan lurah membagikan sembako dan paket lebaran kepada warga kurang mampu secara door to door.

“INNALILLAHI WAINNA ILAHI RAJIUN. Jajaran Pemkot dan warga Kota Palopo berduka atas meninggalnya HPA Tenriadjeng,” ujar Walikota Palopo, HM Judas Amir di rumah jabatannya, pagi ini.

Di mata Judas Amir, HPA Tenriadjeng adalah sosok pamong senior yang telah berjasa merintis pembangunan dan meletakkan dasar pemerintahan di Kota Palopo.

“Kita kehilangan sosok yang sudah sangat berjasa di kota ini,” ujar Judas Amir. (Tari)

ADVERTISEMENT