Mau Jual Beli Atau Urus Dokumen di Desa? Cukup Install Aplikasi E-Inspirated Luwu Timur di Play Store

130
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Luwu Timur menyediakan sistem pelayanan dan informasi masyarakat pedesaan Kabupaten Luwu Timur berbasis Web dan Android.

Kepala Dinas DPMD Luwu Timur, Halsen menjelaskan dengan aplikasi E-Inspirated Luwu Timur, bertujuan untuk memudahkan masyarakat, baik dalam sisi pelayanan maupun perekonomian. Dengan 3 fitur layanan.

“Dengan aplikasi pelayanan masyarakat berbasis Web dan android ini bertujuan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan pemerintah Desa yang dikembangkan mengikuti perkembangan zaman menuju era digital 4.0. Untuk fitur pada aplikasi itu terdapat 3 fitur layanan yang bisa dimanfaatkan masyarakat desa,” Kata Halsen, Kepada Koranseruya.com, Senin (16/8/2021).

Dirinya menyebutkan 3 fitur tersebut masing memliki tujuan dan fungsi yang bisa dimanfaatkan diataranya Layanan Surat Warga dengan fitur ini berfungsi untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat desa terhadap pelayanan surat menyurat.

ADVERTISEMENT

“Selanjutnya, Layanan Informasi desa adalah fitur yang berfungsi untuk mengakomodir kebutuhan aparatur pemerintah desa dalam berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat,” jelas Halsen.

Sementara fitur ke tiga adalah layanan pasar digital merupakan fitur yang berfungsi sebagai wadah peningkatan ekonomi masyarakat desa.

“Dengan layanan ini masyarakat bisa memanfaatkannya sebagai tempat pemasaran produk UMKM, hasil pertanian, maupun yang lainnya. Dan disini bisa dia lakukan proses jual beli melalui aplikasi ini,” cetusnya.

Dengan adanya aplikasi ini, Halsen berharap agar masyarakat yang berada di 124 desa di Kabupaten Luwu Timur bisa memanfaatkan aplikasi ini guna untuk mempermudah segala urusan yang ada di desa.

“Aktifitas masyarakat tetap bisa berjalan saat mengurus dokumennya. Karena tidak perlu kekantor desa cukup melalui aplikasi saja urusan selesai,” pungkas Halsen.

Apalagi kata Kadis DPMD Luwu Timur ini, dengan kondisi ditengah pandemi covid-19 aktivitas kita sangat terbatas guna untuk menghindari penyebaran virus corona (Covid).

Lanjut Halsen, untuk menggunakan aplikasi E-Inspirated Luwu Timur sendiri tidaklah begitu sulit. pertama yang harus dilakukan adalah menginstal di HP android masing-masing lalu untuk mendaftarkan diri hanya membutuhkan NIK dan pasword atau kata sandi.

“Cara pendaftaran nya cukup mudah, hanya membutuhkan NIK dan sandi, selanjutnya ikuti beberapa petunjuk untuk mendapatkan pelayanan  dalam fitur aplikasi E-Inspirated Luwu Timur,” Ucapnya.

Halsen menambahkan aplikasi E-Inspirated Luwu Timur salah satu trobosan dari DPMD Luwu Timur yang Inspiring.

(Rah)

ADVERTISEMENT