Mobil Branding Danny Pomanto “Tungguma” Sudah Ada? Betulkah Serius Mau di Pilgub Sulsel?

522
ADVERTISEMENT

MAKASSAR—Ramai beredar di sosial media foto mobil branding sebuah Alphard terbaru warna hitam dengan foto penampakan 3 tokoh yakni Surya Paloh, RMS dan Danny Pomanto. Ada juga tulisan warna oranye: Tungguma dengan logo partai NasDem di sebelah kiri. Ada tambahan kata: Danny Pomanto anak lorongnya Makassar.

Apakah ini sebuah sinyal bagi masyarakat Sulawesi Selatan menuju Pilgub tahun 2024 mendatang?

ADVERTISEMENT

Rupanya niat Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto alias Danny Pomanto untuk maju di pemilihan gubernur Sulawesi Selatan kian menarik perhatian publik.

Apalagi sinyal dan restu dari bos NasDem Sulsel, Rusdi Masse Mappasessu sudah beberapa kali disampaikan langsung.

ADVERTISEMENT

Danny kini memang tercatat sebagai kader partai NasDem dan baru saja memenangi Pilwalkot Makassar 2020 lalu.

Isu ini kian mencuat setelah DP nickname namanya, terpantau radar media mulai aktif melakukan pertemuan dengan sejumlah kepala daerah di Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu.

ADVERTISEMENT

Menanggapi isu ini dengan diplomatis Danny Pomanto menyatakan jika saat ini dirinya masih fokus mengurus kota Makassar, namun ia juga menegaskan jika dirinya siap maju jika ada perintah dan restu dari partai.

“Tergantung sikap partai saya (NasDem), saya masih fokus dulu urus kota Makassar,” ujar DP saat diwawancara awak media, Minggu 23 Mei lalu.

Sebelumnya, saat berkunjung ke Bumi Turatea, Jeneponto untuk menghadiri undangan Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Jeneponto dalam sebuah pertandingan persahabatan, DP menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar.

Ia pun berkilah jika itu hanya kunjungan silaturahmi biasa, bukan kunjungan politik.

“Kunjungan saya di Jenepoonto tidak berkaitan dengan politik, jadi tidak ada kaitannya dengan politik, kami ini hanya silaturahmi biasa saja. Kebetulan sahabat saya banyak di Turatea, dan hanya sekedar menghadiri undangan teman-teman AFK,” kata Danny, Sabtu (23/5).

Sebelumnya lagi, Sekretaris Nasdem Sulsel Syaharuddin Alrif kepada wartawan mengaku partainya akan mulai bergerak dan bekerja mempersiapkan Danny Pomanto menuju lapangan pertarungan di Pilgub Sulsel 2024 pasca Lebaran 2021.

Sementara itu pengamat politik alumni Fisipol Unhas, Arif Wicaksono, membaca keinginan Ketua DPW Nasdem Sulsel menyiapkan Danny Pomanto untuk berkontestasi di Pilgub Sulsel, tak lain karena RMS dan istrinya bersama rakyat Makassar dan Sulsel menulis sejarah baru di daerah ini, bahwa daerah ini pernah memiliki Walikota perempuan.

Arif yang Dekan Fisip Universitas Bosowa (Unibos) itu, menilai keinginan RMS mendorong Dany Pomanto itu, untuk memberi peluang ke istrinya menjadi Walikota Makassar dengan dukungan penuh dari Danny Pomanto, karena Danny Pomanto diberi pintu dan kendaraan oleh RMS untuk maju di Pilgub Sulsel.

“Saya kira itu salah satu rencana RMS yang dapat saya baca. RMS bersama istri ingin mengajak rakyat Makassar dan Sulsel membuat sejarah baru di Sulsel. Dimana pertamakali dalam sejarah kota Makassar dipimpin oleh seorang wanita. Tapi RMS itu tipikal politisi yang banyak rencana, sehingga mungkin saja ada rencana lain RMS. Karena itu, masih akan banyak hal yang akan terjadi, sehingga kita tunggu saja perkembangannya. Apalagi hubungan RMS dengan Danny Pomanto selama ini, diketahui publik ada pasang surutnya,” jelas Arif Wicaksono mengutip Tribun Timur.

Danny Pomanto dikenal sebagai seorang arsitek dan mantan dosen jurusan arsitektur di Universitas Hasanuddin.

Ia akhirnya terpilih sebagai Walikota Makassar pada periode 2014-2019. Kini ia kembali menjabat pada periode 2021-2026.

Data Pribadi:

NAMA : Ir. H. MOH. RAMDHAN POMANTO
NAMA PANGGILAN : DANNY POMANTO

TEMPAT / TGL LAHIR : MAKASSAR / 30 JANUARI 1964

PENDIDIKAN :
SD. LANTO DG PASEWANG, MAKASSAR – 1975
SMP NEGERI 5 MAKASSAR – 1978
SMA NEGERI I MAKASSAR, 1981
FAKULTAS TEKNIK JURUSAN ARSITEKTUR UNHAS – 1989

STATUS : MENIKAH
NAMA AYAH : BULUKU POMANTO (ALM.)
ALATA, KWANDANG, GORONTALO
NAMA IBU : AISYAH ABD. RAZAK (ALMH.)
MOLU’O, KWANDANG, GORONTALO

NAMA ISTRI : INDIRA JUSUF ISMAIL

NAMA ANAK :

1. AURA AULIA IMANDARA
2. AMIRRA AULIA NOORIMANI
3. ARRAYYA AULIA IZZANAIRA

(*)

ADVERTISEMENT