Segini Harga dan Spesifikasi Mobil Nissan GT-R yang Ditumpangi WJA Saat Kecelakaan di Tol Cibubur

884

KORANSERUYA–Nama supercar Nissan GT-R ramai diperbincangkan publik hari ini, Sabtu 4 April 2020.

Pasalnya, mobil pabrikan Jepang tersebut merupakan jenis mobil yang ditumpangi Wakil Jaksa Agung (WJA) Arminsyah saat mengalami kecelakaan maut di Tol Cibubur-Jagorawi, hingga ajal menjemputnya.

Nah, untuk Anda penggemar mobil dan balap, mungkin Anda sudah familiar dengan mobil sporty yang sudah menjadi legenda sejarah motorsports itu.

Asal tahu saja, pemilik nama lain Skyline GT-R telah melalui mengalami evolusi hingga mendapat julukan paling keren yang pernah ada yaitu Godzilla.

Melansir reqnews.com, Godzilla adalah monster dari fiksi Jepang. Uniknya, gelar ‘Godzilla’ GT-R tidak diberikan di Jepang, tapi di Australia. Pada akhir tahun 1980-an, Australia menjadi negara pertama dimana Nissan GT-R diekspor.

Generasi R32 Nissan GT-R yang diekspor menggunakan mesin 2.6-liter twin-turbo straight-six. Berbicara perfoma. mesin andalan ini menghasilkan torsi 276bhp dan 361Nm dengan manual 5 kecepatan.

Bahkan di Kejuaraan Tur Australia, Nissan GT-R R32 mampu melewati pesaingnya, termasuk Ford Sierra Cosworth yang terkenal. Nissan GT-R R32 juga melihat kesuksesan besar di Japanese Touring Car Championship.

Untuk championshipnya, khusus untuk Nissan GT-R dipecah menjadi kelas berbeda karena Nissan GT-R mengalahkan setiap mobil yang berlaga di kejuaraan.

Orang Jepang menyebut ciptaan mereka sebagai ‘Obakemono’, yang merupakan ‘monster pemindah bentuk’. Setelah melihat potensi Nissan GT-R R32, majalah otomotif Australia, Wheels, untuk edisi Juli 1989 mereka menginginkan sesuatu yang menarik untuk judul sampulnya.

Mereka tidak begitu menyukai kata, Obakemono. Jadi, mereka menetapkan untuk sesuatu yang lebih baik dan kuat – Godzilla yang hingga kini masih melekat pada Nissan GT-R.

Lalu berapa harga satu unit mobil mewah ini?

Nissan GT-R Premium 2020 seharga USD 115,235 atau mencapai Rp1,6 miliar. Kemudian Nissan GT-R Premium 50th Anniversary Edition di bandrol USD 123,735 atau mencapai Rp1,74 miliar.

Sedangkan untuk Nissan GT-R Track Edition2020 seharga USD 147,235 atau mencapai Rp 2,08 miliar. Dan harga paling tinggi Nissan GT-R Nismo2020 mencapai USD 212,435 atau mencapai Rp2,99 miliar.

Sedangkan harga model Nissan GT-R standar berkisar $115.235 (Rp1,8 miliar), dan model Nismo ditawarkan dengan harga $212.435 (Rp3,4 miliar). (*/iys)