Musrenbang Kota Palopo 2021, Walikota Minta OPD Jangan Terlalu Cepat Ambil Keputusan “Kullu-kullu”

133
ADVERTISEMENT

PALOPO–Ada hal menarik dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kota Palopo Tahun 2021 dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2022 dengan tema “Pemulihan Ekonomi, Peningkatan Daya Saing dan Kemandirian Daerah” yang dilaksanakan di Ratona Ballroom, lantai 2 Kantor Walikota Palopo, Rabu 24 Maret 2021.

Saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan itu, Walikota Palopo Drs HM Judas Amir MH menyampaikan secara tegas dengan gayanya yang khas agar pimpinan Perangkat Daerah tidak terburu-buru dan terlalu cepat mengambil keputusan “Kullu-kullu”.

ADVERTISEMENT

Kullu-kullu adalah, sesuatu hal yang sifatnya terburu-buru, tidak matang dan gampang berubah.

Walikota HM Judas Amir saat menandatangani Berita Acara Musrenbang Palopo 2021, Rabu, (24/3) di Ratona Ballroom Lantai 2 Kantor Walikota Palopo.

“Ada 2 kepentingan di tengah keberadaan kita di kota Palopo saat ini, yakni kepentingan nasional dan kepentingan regional.

ADVERTISEMENT

Dua aspek itu yang selalu kita pertimbangkan. Yang penting dan harus kita pegang, intinya adalah, kita mau berbuat seperti apa, berbuat untuk apa, dan tentunya kita berbuat yang terbaik bagi masyarakat kita,” ucap Walikota.

Ia melanjutkan kalimatnya, “kepentingan daerah bisa dikesampingkan demi kepentingan nasional dan regional. Jadi saya tegaskan, Pimpinan Perangkat Daerah, OPD, harus berpikir matang, tidak buru-buru, jangan bikin keputusan “kullu-kullu” saya mau Musrenbang ini kita semua diskusikan dulu secara mendalam,” tegas Judas Amir.

Kepentingan nasional tidak boleh dikesampingkan untuk kepentingan daerah, tapi kepentingan daerah bisa dikesampingkan untuk kepentingan nasional, tandasnya sekali lagi.

Untuk diketahui, dalam Musrenbang kota Palopo kali ini, mewakili Plt Gubernur Sulsel, hadir Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sulsel, DR Ir Andi Ardin Tjatjo MP yang menyampaikan dalam kondisi pandemi ini kiranya tidak mengurangi substansi daripada Musrenbang yaitu sinkronisasi dan penyelarasan perencanaan pembangunan pada level pemerintah Kab/Kota dan penajaman rencana program dari kegiatan RKPD tahun 2022.

Turut Hadir pula Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs Firmanza DP SH.,MSi, Kepala Bappeda Kota Palopo Hj Raodatul Jannah, SSos, Kasdim 1403/SWG Mayor Kav Suparman, Wakapolres Palopo Kompol Budi Gunawan, SH, serta Pimpinan Perangkat Daerah Kota Palopo.

(*)

ADVERTISEMENT