Ngeri, Video Komodo Habis Mangsa Kura-Kura di Pinggir Pantai

235
KADAL raksasa bernama komodo merupakan binatang khas dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Komodo ini berada di Pulau Komodo, Flores, NTT.

KADAL raksasa bernama komodo merupakan binatang khas dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Komodo ini berada di Pulau Komodo, Flores, NTT.

Baru-baru ini, sebuah video beredar di media sosial, dimana dalam video itu seekor komodo dengan cangkang kura-kura menempel di kepalanya. Komodo ini berjalan dari pinggir pantai Pulau Komodo.

Komodo ini saat keluar dari pinggir pantai mengibaskan cangkang kura-kura di kepalanya. Ada dugaan komodo ini habis memangsa kura-kura hingga menyisakan cangkangnya.

Dikutip dari Kumparan, komodo sendiri merupakan spesies kadal terbesar dan terberat di dunia. Menurut Kebun Binatang Nasional dan Institut Biologi Konservasi Smithsonian, bobot seekor komodo bisa mencapai 69 kilogram. Rekor terberat komodo tercatat mencapai 166 kilogram dan panjang 3 meter.

Mereka hanya bisa ditemukan di beberapa pulau di Indonesia, seperti Rinca, Flores, dan pulau Komodo. Seekor komodo biasanya menghabiskan waktu di hutan savana tropis. Kendati juga bisa ditemui di pantai hingga dataran tinggi di pulau-pulau tersebut.

Meski memiliki bobot dan ukuran yang cukup besar, ia dapat berlari kencang, sekitar 20 kilometer per jam. Predator puncak ini sebagian besar mengandalkan penyamaran dalam urusan berburu. Ketika mangsa berada di dekatnya, ia akan mulai menyerang, mencabik-cabik daging, dan mengoyak dengan giginya yang besar, melengkung, dan bergerigi.

Komodo dapat mendeteksi mangsa dengan menggunakan indera penciumannya yang sangat tajam, serta lidah bercabang yang memiliki kemampuan sensorik luar biasa. Mereka juga memiliki indera penglihatan sangat baik, yang bisa melihat benda dengan jarak 300 meter. (***/cbd)