Opening Ceremony Berlangsung Meriah, FKJ: MTQ Palopo Bentuk Kolaborasi Membangun Akhlak

239
Ketua Umum Panitia MTQ X Palopo, Farid Kasim Judas
ADVERTISEMENT

PALOPO–Opening Ceremony MTQ X tingkat Kota Palopo tahun 2022, malam tadi, berlangsung meriah dan semarak. Ribuan warga Palopo ikut menjadi saksi pembukaan MTQ ini, yang dibuka langsung Walikota Palopo, HM Judas Amir.

MTQ Palopo 2022 diawali dengan Tari Zafim yang dibawakan oleh Santri Putri dari Pesantren Modern Datok Sulaiman (PMDS) Palopo. Penampilan para santri tersebut memukau ribuan penonton. Apalagi hadirnya Marching Band dari MTSN Palopo ikut meramaikan pembukaan event religi dua tahunan tingkat Kota Palopo tersebut.

Tak kalah meriahnya, saat tampilnya defile 9 kecamatan, dimana satu kecamatan membawa peserta defile diatas 100 orang, termasuk perwakilan OPD se jajaran Pemkot Palopo. Tepuk tangan para penonton menyambut defile tersebut. Dan puncak opening ceremony MTQ diwarnai letupan kembang api. “Sangat meriah pembukaan MTQ tingkat Kota Palopo, warga sangat terhibur,” kata Ketua MUI Kota Palopo, H. Zainuddin Samide, yang ikut hadir menyaksikan opening ceremony MTQ tersebut.

Zainuddin Samide mengapresiasi kerja keras para panitia yang mempersiapkan penyelenggaraan MTQ, mulai saat acara pembukaan hingga penutupan nantinya. “Kerja-kerja panitia patut diapresiasi,” katanya.

ADVERTISEMENT

Warga Kota Palopo memang sangat antusias untuk menyaksikan langsung pembukaan MTQ di Lapangan Pancasila. Venue pembukaan MTQ X Palopo itu dipadati warga sejak selepas Magrib untuk melihat acara pembukaan yang dimulai sekira pukul 20.00 WITA itu.

Ketua Umum Panitia MTQ X Palopo, Farid Kasim Judas sampai takjub dengan tingginya antusias masyarakat menyaksikan pembukaan MTQ X Palopo ini. “Ini di luar prediksi. Setiap kecamatan sebenarnya ditarget 100 (penonton), tapi ada yang datang seribu. Ini pertanda masyarakat sangat antusias menyambut MTQ ini,” kata Kepala BKPSDM Kota Palopo itu.

Dalam sambutannya di pembukaan MTQ X Palopo itu, FKJ mengatakan MTQ kali ini mengusung tema kolaborasi membangun akhlak. “MTQ ini kita jadikan sebagai momentum untuk membangun kebersamaan seluruh stakeholder, membagun akhlak berdasarkan Alquran,” kata FKJ.

Lebih dari itu, FKJ mengatakan, MTQ ini merupakan wujud cinta masyarakat Palopo terhadap ayat suci Al-Qur’an. Juga dikatakan FKJ, penyelenggaraan MTQ yang diupayakan berlangsung meriah saat opening ceremony hingga berakhirnya event religi ini, sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Palopo untuk membangun spirit kebersamaan dalam membangun ahlak masyarakat Palopo. “Apalagi, tidak lama lagi kita memasuki Bulan Suci Ramadan, bulan yang penuh berkah bagi seluruh umat muslim,” kata FKJ.

Selain itu, FKJ menyebutkan, kegiatan MTQ bertujuan untuk melakukan seleksi untuk mencari peserta yang dapat mewakili Kota Palopo pada MTQ tingkat Provinsi Sulsel. “MTQ ini merupakan proses seleksi calon peserta yang akan mewakili Palopo untuk MTQ tingkat Sulsel, yang rencananya akan dilaksanakan di Kabupaten Bone. Cabang yang dilombakan pada MTQ ini berjumlah delapan kategori yang terdiri dari 23 cabang,” jelasnya.

“MTQ Palopo ini juga diikuti 159 peserta dari sembilan Kecamatan. Peserta putri sebanyak 73 orang dan putra 81 orang,” lanjutnya.

Dalam sambutannya, FKJ mengungkapkan, sebagai ketua umum panitia, dirinya sangat bangga bisa menyelenggarakan opening ceremony dengan sangat meriah, tentu saja berkat kerjasama seluruh panitia dan dukungan berbagai stakeholder terkait. “Sebagai Ketua Umum Paanitia MTQ, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh teman-teman panitia yang telah bekerja keras sejak dari awal hingga malam ini (opening ceremony) sehingga berlangsung sukses dan meriah. Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan seluruh elemen terkait, sehingga pelaksanaan pembukaan MTQ berlangsung meriah, berjalan lancar tanpa kendala berarti,” katanya.

Sementara itu, Walikota Palopo, HM Judas Amir, dalam sambutannya, usai membuka secara resmi perhelatan MTQ X tingkat Kota Palopo, meminta masyarakat Kota Palopo agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan selama pelaksanaan MTQ. Juga walikota dua periode ini mengatakan, sukses penyelenggaraan MTQ tidak membawa masalah baru, yakni adanya penyebaran covid-19 dari pelaksanaan MTQ.

“Insya Allah, dengan penerapan protokol kesehatan, MTQ akan berlangsung sukses dan Palopo akan terbebas dari covid-19,” ujar Judas Amir, yang dalam pembukaan MTQ menyerahkan secara simbolis piala utama kepada Ketua Umum Panitia MTQ, FKJ.

Tak hanya itu, Judas Amir yang sudah dua periode memimpin Kota Palopo juga meminta kepada masyarakat untuk segera divaksin jika ada yang belum. Sebab, vaksin merupakan ikhtiar Pemerintah dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di Kota Palopo. “Ayo vaksin, ayo sama-sama kita bebaskan Palopo dari covid-19,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Judas Amir juga berpesan agar orangtua senantiasa mengajar dan mendidik anak-anaknya untuk mengaji dan cinta Al-Qu’ran. “Tidak ada ajaran Islam yang bisa dilakukan dengan baik tanpa mengaji. MTQ Palopo berhasil apabila berjalan baik selama tiga hari dan menghasilkan juara yang berkualitas. Serta menekan virusCovid-19,” pungkasnya.

Diketahui, pelaksanaan berbagai perlombaan dalam MTQ ini akan berlangsung di sejumlah titik di Kota Palopo. Antara lain, Aula Kemenag Palopo, Masjid Agung, Masjid Al Awwabim Pesantren Datok Sulaiman, MAN Palopo dan MTSN Palopo. (hwn/and/ayb/lig)

ADVERTISEMENT