Pangkas Waktu Tunggu, Puskesmas Pontap Palopo Terapkan Antrean Online via Mobile JKN

76
Hadirnya layanan Antrean Online di aplikasi Mobile JKN membuat peserta tidak perlu mengantre terlebih dahulu untuk mendapatkan layanan. (Foto : Dok. ist)
ADVERTISEMENT

PALOPO – Hadirnya layanan Antrean Online di aplikasi Mobile JKN membuat peserta tidak perlu mengantre terlebih dahulu untuk mendapatkan layanan.

Peserta bisa memanfaatkan smartphonenya untuk mengambil nomor antrean melalui aplikasi Mobile JKN.

ADVERTISEMENT

Hal tersebut terbukti sangat efektif untuk menurunkan jumlah antrean di fasilitas kesehatan, sehingga peserta JKN tak perlu menunggu terlalu lama di ruang tunggu fasilitas kesehatan.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Puskesmas Pontap, Palopo, Periyent Ba’ru.

Sebagai salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang mengutamakan kepuasan peserta JKN, Puskesmas Pontap telah mengimplementasikan sistem antrean online via Mobile JKN.

Periyent menjelaskan, Puskesmas Pontap merupakan salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan di Kecamatan Wara Timur, sehingga sangat penting bagi Puskesmas Pontap untuk mendukung implementasi antrean online.

“Kami menyadari bahwa di era digital sekarang penggunaan sistem antrean online sangat penting, karena menunjang efektivitas dan efisiensi waktu tunggu peserta,” tutur Peri.

Periyent meyakini bahwa proses otodidak dan bimbingan dari BPJS Kesehatan, membuat implementasi antrean online di Puskesmas Pontap semakin optimal.

Ia juga menceritakan jika tingkat pemanfaatan yang masih rendah oleh peserta juga akan digencarkan dengan sosialisasi.

“Masyarakat kami adalah masyarakat pesisir yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan yang bisa dikatakan tidak begitu terlalu mengikuti perkembangan teknologi. Mereka mungkin memiliki handphone, tetapi peruntukannya masih terbatas, belum sampai ke pemanfaatan media digital seperti antrean online ini, dan masih lebih memilih mengantre secara manual,” ungkap Peri.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Megawati menjelaskan bahwa saat ini BPJS Kesehatan bersama-sama dengan para pemangku kepentingan lainnya terus melakukan edukasi terkait pemanfaatan pendaftaran pelayanan atau antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN.

Megawati berharap fasilitas kesehatan juga mendukung upaya edukasi kepada peserta, sehingga sistem antrean online via Mobile JKN dapat berjalan dengan optimal agar selain mampu mengurangi penumpukan antrean, juga sekaligus dapat meningkatkan kepuasan peserta.

“Antrean online yang terintegrasi dengan Aplikasi Mobile JKN ini memudahkan peserta untuk mendaftar dan menunggu antrean dari rumah, sehingga peserta bisa lebih nyaman,” ujar Mega. (rls)

ADVERTISEMENT