Peduli Stok Darah di Tengah Pandemi, OPA Kirana Sawerigading Gelar Donor Darah

101
ADVERTISEMENT

PALOPO——Organisasi Pecinta Alam (OPA) Kirana Sawerigading menggelar aksi donor darah dalam rangka memenuhi stok darah di tengah pandemi Covid-19.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Warkop Kampis Jalan Andi Mas Jaya, kelurahan Boting Wara Utara.

Kegiatan Donor Darah ini dilaksanakan dengan melibatkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawerigading Palopo dan Kantor Cabang Pegadaian Kota Palopo.

Ketua panitia, Muhammad Yusuf mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi kekurangan stok darah di tengah pandemi Covid-19.

ADVERTISEMENT

“Kegaitan ini dilaksanakan selama dua hari Selasa – Rabu 13-14 Juli 2021 dengan target peserta donor 100 orang dan dikarenakan adanya pembatasan jumlah pendonor karena masih di masa pandemi sehingga dilaksanakan bertahap,” ungkap Yusuf.

Dirinya juga bersyukur atas antusias dari masyarakat yang ingin mendonorkan darah yang cukup tinggi, dan berharap kegiatan tersebut dapat membantu masyarakat yang membutuhkan darah, karena satu tetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi kemanusiaan, katanya.

Ia juga menyampaikan terima.kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan donor darah kali ini khusunya pihak RSUD Rampoang dan Kantor Cabang Pengadaian Kota Palopo serta owner Warkop Kampis, Ridwan Fattah.

Pimpinan cabang PT. Pegadaian Cabang Palopo Yohanes Kumanireng yang hadir dengan beberapa stafnya dan juga turut mendonor.

Kita tentu berharap kegiatan-kegiatan amal seperti yang dilaksanakan oleh OPA Kirana Sawerigading dapat dilaksanakan secara rutin. Baik oleh masyarakat maupun organisasi yang ada di Kota Palopo.

“Selain untuk memenuhi kebutuhan darah, ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk saling membantu antarsesama,” jelas Yohanes Kumanireng.

Sementara itu penanggung jawab dari pihak RSUD Sawerigading Palopo dr. Yanty Tandirogang, SP, PK, M. Kes juga berharap agar masyarakat tak perlu khawatir mendonorkan darah di masa pandemi saat ini.

Pihak RSUD Rampoang menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaan donor darah.

Dalam kegiatan donor darah tersebut, sebelum pendonor mendonorkan darahnya, terlebih dahulu diperiksa kondisi kesehatannya, seperti dilakukan pengecekan suhu tubuh, timbang berat badan, cek tekanan darah, dan pemeriksaan hemoglobin (HB)

Kegiatan donor tersebut turut dihadiri Ketua KNPI Kota Palopo Energy Of Harmony Suparni Sampetan dan beberapa pengurus serta anggota KNPI juga ikut sebagai peserta donor.

Pada kesempatan itu Suparni mengajak para pemuda di tengah pandemi ini untuk terus melakukan kebaikan untuk kepentingan sesama dan jangan pernah berhenti menjadi orang baik.

(*)

ADVERTISEMENT