Pembangunan Masjid Baburahman Timampu Dimulai, Husler Letakkan Batu Pertama

137

LUTIM – Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Baburahman di Desa Timampu, Kecamatan Towuti, Sabtu (10/08/2019). Pembangunan Masjid Baburahman yang baru ini, nantinya akan menggantikan masjid lama yang masih berada disekitar lokasi tersebut.

Dikatakan Kepala Desa Timampu, Syamsul Rusdang bahwa, lokasi pembangunan masjid adalah tanah wakaf keluarga H. Tajuddin dan warga sekitar.

“Mengingat kondisi jamaah yang terus bertambah dan daya tampung masjid lama sudah tidak mampu lagi menampung jemaah masjid, khususnya dalam pelaksanaan salat tarwih, Idul Fitri, Idul Adha dan kegiatan keagamaan lainnya menjadi alasan kami untuk membangun masjid yang lebih representatif,” kata Syamsul.

Menurutnya, rencana pembangunan masjid ini telah diprogramkan sejak 2 tahun lalu, namun tahun ini baru bisa direalisasikan.

Untuk pembangunan masjid sendiri, kata Syamsul, dibutuhkan dana sebesar Rp. 2,6 miliar lebih. Bangunan ini rencananya akan dibangun berukuran 22 x 24 meter. “Harapan kami agar masjid ini dapat selesai, kami mohon kiranya dapat dibantu dengan dana hibah dari Pemerintah,” tambahnya.

Sementara Bupati Luwu Timur, H. Mhammad Thorig Husler saat memberikan kata sambutan mengatakan, sangat mengapresiasi upaya dan usaha panitia serta ta’mir sehingga terlaksana pembangunan masjid Baburrahman tersebut.

Untuk mempercepat penyelesaian pembangunan masjid, Bupati mengungkapkan akan menyiapkan anggaran dalam proses pembangunan masjid ini.

“Insya Allah kami akan ajukan persiapan anggaran Rp. 1 Milliar tetapi secara bertahap, tinggal dipersiapkan persyaratannya,” kata Bupati yang pada kesempatan itu memberikan sumbangan pribadi kepada panitia sebanyak 200 sak semen.

Dikesempatan tersebut, orang nomor satu di Bumi Batara Guru ini juga mengajak semua elemen masyarakat untuk terlibat dan memberikan bantuan untuk pembangunan mesjid.

“Kepada seluruh masyarakat dan umat, mari bersama-sama kita turut membantu kelancaran pembangunan masjid ini. Insya Allah, jika kita turut peduli dan membantu pembangunan rumah Allah ini, kita akan dilancarkan dan dimudahkan segala urusan,” ujarnya.

Husler juga mengharapkan, dengan terbangunnya mesjid tersebut nanti, semua masyarakat dapat menikmati manfaatnya secara bersama-sama. Masyarakat pun diharapkan dapat memakmurkan masjid.

Turut mendampingi Bupati pada prosesi tersebut, Camat Towuti, Alimuddin Nasir, Ketua FKUB, H. Ardias Bara, serta sejumlah Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. (ikp/kominfo)