Pembangunan Pasar Rakyat Tarue Sabbang Selatan Resmi Dimulai, Bupati Luwu Utara Letakkan Batu Pertama

60
Pembangunan Pasar Rakyat Tarue Kecamatan Sabbang Selatan resmi dimulai. Hal ini ditandai dengan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pasar Rakyat Tarue oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Sabtu (6/8/2022), di Desa Buangin, Sabbang Selatan. (Dok. Pemkab Luwu Utara)
ADVERTISEMENT

Luwu Utara — Pembangunan Pasar Rakyat Tarue Kecamatan Sabbang Selatan resmi dimulai. Hal ini ditandai dengan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pasar Rakyat Tarue oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Sabtu (6/8/2022), di Desa Buangin, Sabbang Selatan.

Pembangunan Pasar Rakyat ini menggunakan anggaran Tugas Pembantuan (TP) APBN Tahun Anggaran 2022 Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

ADVERTISEMENT

“Alhamdulillah, Luwu Utara selalu mendapatkan pembangunan pasar rakyat melalui Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan. Ini adalah wujud perhatian dan dukungan pemerintah pusat kepada kita yang ada di Luwu Utara,” kata Indah dalam sambutannya.

Dikatakan Indah, tujuan pemerintah menghadirkan pasar rakyat di seluruh wilayah Indonesia adalah dalam rangka menghadapi persaingan dengan pasar modern dan retail-retail modern yang tengah menjamur, serta dapat memberikan lingkungan yang nyaman bagi masyarakat setempat dengan harga yang bersaing, bahkan lebih murah.

Indah berharap, pembangunan pasar rakyat ini dapat selesai sesuai dengan waktu yang tertera dalam kontrak. “Kita berharap, pasar ini dapat terbangun sesuai dengan waktu yang sudah dikontrakkan,” harapnya.

“Nanti setelah kita resmikan, baru saya bicara terkait manfaatnya, titip pesan pemeliharaan, pemanfaatan dengan sebaik-baiknya, yang paling penting dulu di pembangunannya, sekarang kita kawal bersama-sama,” sambung dia.

Bupati perempuan pertama di Sulsel ini berpesan kepada masyarakat beserta tokoh yang hadir untuk membantu mengawal jalannya pembangunan pasar rakyat tersebut.

“Saya titip bapak-ibu sekalian, untuk dikawal bersama-sama, dan dibantu, karena yang paling penting dalam sebuah pelaksanaan kegiatan itu adalah keamanan,” imbuh Indah.

Tak hanya masyarakat, keterlibatan pemerintah kecamatan, desa dan unsur forkopimcam lainnya juga sangat dibutuhkan dalam mengawal kelancaran pembangunan pasar tersebut.

“Sekali lagi, kepada pak camat, pak desa, Kapolsek, Danramil, dan seluruh jajarannya, saya titip pengawalan pembangunan ini. Tolong didampingi kontraktor pelaksananya. Kalau ada kendala, mohon untuk segera diselesaikan,” harapnya.

Diketahui, lokasi pasar Tarue ini terletak di desa Buangin. Bupati meyakini, lokasi pembangunan pasar tersebut sangat strategis sebagai pasar rakyat Kecamatan Sabbang Selatan. Olehnya itu, ia berharap ada potensi untuk melaksanakan pembangunan lanjutannya.

“Jika berjalan lancar, bukan tidak mungkin, pengembangannya kita bangun lagi di sini. Karena anggarannya terbatas, maka kita lakukan secara bertahap, dengan catatan semuanya berjalan lancar. Potensi untuk pengembangannya ke depan, masih sangat terbuka,” terangnya.

Masih kata Indah, semakin nyaman bertransaksi di pasar, maka makin maju kemandirian ekonominya, serta makin sejahtera pula masyarakatnya, khususnya para pedagang. “Kita doakan semoga dengan kegiatan peletakan batu pertama ini akan memperlancar peletakan batu-batu yang lain, sampai selesai,” tutup Indah. (ZJA/LH)

ADVERTISEMENT