Pemkot Palopo Buka Lelang Jabatan Eselon II, Ini Syarat dan Jabatan yang Dilelang

246
Ilustrasi lelang jabatan
ADVERTISEMENT

PEMERINTAH Kota Palopo membuka seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama (eselon-IIb), mulai Senin (20/9/2021). Pengumuman itu tertuang pada surat dengan nomor: 01/PANSEL-JPT.PLP/IX/2021.

“Merujuk pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah No.17 Tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di lingkungan Instansi Pemerintah, dengan ini Panitia Seleksi mengumumkan seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II-b) di lingkungan Pemerintah Kota Palopo,” bunyi pengumuman tersebut, diterima redaksi KORAN SERUYA, Minggu malam tadi.

ADVERTISEMENT

Dalam surat itu juga menyebutkan, jabatan yang akan diisi melalui seleksi terbuka tersebut, diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Palopo, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Palopo.

Termasuk Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Palopo, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palopo, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Palopo, dan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Palopo.

UNTUK JABATAN YANG DILELANG SELENGKAPNYA BACA PENGUMUMAN RESMINYA DI KORAN SERUYA EDISI CETAK HARI SENIN, 20 SEPTEMBER 2021.

Pengumuman itu juga menyertakan syarat yang harus dipenuhi untuk menduduki jabatan eselon II-b. Ada 16 poin Syarat dan Ketentuan bagi Pelamar yang harus dipenuhi.

“Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan. Memiliki Kualifikasi Pendidikan paling rendah Sarjana atau diploma IV. Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manejerial dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai standar Kompetensi Jabatan yang ditetapkan. Memiliki Pengalaman Jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama lima tahun.”

“Sedang atau pernah menduduki Jabatan Administrator atau Jabatan Fungsional jenjang ahli madya paling singkat dua tahun. Memiliki rekam jejak Jabatan, integritas dan moralitas yang baik. Usia paling tinggi 56 (lima puluh enam) tahun pada saat pelantikan. Sehat jasmani dan rohani. Memiliki Pangkat Golongan Ruang paling rendah Pembina / (IV-a). Telah mengikuti dan lulus Diklat Kepemimpinan Tingkat II atau III & IV dikecualikan bagi JF Jenjang ahli madya.”

“Semua unsur Penilaian Prestasi Kerja / SKP sekurang kurangnya bernilai baik dalam dua tahun terakhir. Tidak pernah menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Temuan dari Inspektorat Daerah Kab/Kota. Telah melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT.) Pajak tahun terakhir. Telah melaporkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) di-Jabatan Terakhir. Bebas dari Penyalagunaan Narkoba. Telah mendapat persetujuan/rekomendasi tertulis untuk mengikuti seleksi terbuka dari Pejabat Pembina Kepegawaian bagi pelamar dari Pemerintah Kota Palopo dan di luar dari Pemerintah Kota Palopo,” isi Syarat dan Ketentuan bagi Pelamar dalam penguman tersebut.

Selain itu, pelamar juga harus memenuhi persyaratan administrasi yang disyaratkan. Ada 21 poin Persyaratan administrasi yang tercantum dalam isi surat tersebut.

“Surat Lamaran yang dibuat sendiri oleh Pemohon dan bermaterai Rp. 6.000,- (format lampiran 1). Pas Photo berwarna ukuran 3×4 latar belakang merah sebanyak dua lembar. Foto copy SK, Kepangkatan terakhir yang dilegalisir. Foto copy SK, Jabatan terakhir yang dilegalisir. Foto copy Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai yang dilegalisir. Foto copy Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak tahun terakhir.”

“Foto copy Penilaian Prestasi Kerja / SKP, dua tahun terakhir yang dilegalisir. Daftar Riwayat Hidup (format lampiran 2). Foto copy Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara ( LHKPN ) di-Jabatan Terakhir. Foto copy Kartu Pegawai/Kartu Pegawai Elektronik yang dilegalisir. Foto copy Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II, atau III & IV. Surat Keterangan Tidak Pernah Menjalani Hukuman Disiplin (format lampiran 3). Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP). Foto copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Surat persetujuan Pejabat Pembina kepegawaian untuk mengikuti seleksi JPT
Pratama (format lampiran 4). Pakta Integritas (format lampiran 5).”

“Surat Keterangan Bebas Temuan dari Inspektorat Daerah. Surat Pernyataan bahwa semua data yang dilampirkan adalah benar (Format Lampiran. Makalah untuk dipresentasikan dengan tema sesuai jabatan yang dilamar, dengan sistematika penulisan makalah (1) Pendahuluan, (2) Analisis Situasi (SWOT), (3) Strategi Pengembangan, (4) Rekomendasi/Saran untuk Perbaikan, Makalah yang dibuat minimal sebanyak 10 (sepuluh) halaman, 1 ½ spasi, jenis huruf times new roman, menggunakan kertas tipe A4 70 gram. Surat Keterangan Bebas Narkoba dari BNN setempat. Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Rumah Sakit Pemerintah.”

Surat itu juga menjelaskan kententuan pendaftar bagi pelamar. Dijelaskan para pelamar harus membuat Surat Lamaran beserta dokumen pendukung administrasi dibuat dalam bentuk Hard Copy dan Soft Copy dengan susunan sebagaimana tercantum dalam persyaratan administrasi. Setelah itu, Lamaran dapat disampaikan mulai tanggal 21 hingga 25 September 2021 pada hari dan jam kerja, mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 Wita, dengan cara diantar langsung ke Sekretariat Panitia Seleksi bagi Pelamar dari Pemerintah Kota Palopo dan bagi Pelamar dari luar Pemerintah kota palopo dapat dikirim melalui jasa pengiriman atau diantar langsung.

Surat Lamaran pelamar beserta dokumen persyaratan administrasi terlebih dahulu dimasukkan kedalam Map Clearholder sebelum dimasukkan kedalam amplop coklat folio tertutup (di bagian depan sisi kanan atas dituliskan nama Pengirim dan alamat yang mudah dihubungi serta nomor Telepon/HP), ditujukan kepada PANITIA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA (ESELON II-B) PEMERINTAH KOTA PALOPO CQ. SEKRETARIAT PANITIA SELEKSI JPT PRATAMA D.A. : BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KOTA PALOPO Jalan, Andi Djemma Nomor 66 Palopo.

Peserta juga tidak diperkenankan berhubungan langsung dengan anggota Panitia Seleksi. Calon Pelamar hanya diperbolehkan mengikuti seleksi paling banyak tiga Jabatan dan wajib melamar paling sedikit dua Jabatan. Seluruh pengumuman dalam tahap seleksi ini akan disampaikan pada papan pengumuman Sekretariat Pansel JPT Pratama Kota Palopo dan/atau media cetak/online. Akhir surat ditutup dengan tandatangan ketua panitia seleksi, Profesor Dr H Syahruddin Nawi, SH, MH. (liq)

ADVERTISEMENT