Pemkot Palopo Gelar Rakor, Warga Diminta Tidak Lagi Minta “Sumbangan” Acara Tahun Baru di Jalanan

716
ADVERTISEMENT

PALOPO–Pemerintah Kota Palopo menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam Rangka Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Ruang Pertemuan Ratona Kantor Walikota Palopo, Selasa 15 Desember 2020.

Pada kesempatan itu, Walikota Palopo Drs HM Judas Amir MH menyampaikan terkait instruksi yang telah dikeluarkan bersama Kapolres paling tidak bagaimana hal tersebut dapat di implementasikn dengan baik.

ADVERTISEMENT

Terkait dengan Natal dan Tahun Baru bagaimana hal tersebut dapat mendatangkan manfaat sehingga hal ini perlu dibicarakan bersama jangan sampai ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

Untuk camat dan lurah serta Bhabinkamtibmas betul-betul ini dapat dibantu dan Walikota juga meminta agar dibentuk Posko karena keputusan bersama dalam mencegah hal tersebut tidak akan terealisasi dengan baik jika tidak diikuti dengan sebuah gerakan.

ADVERTISEMENT

Posko tersebut dapat ditempatkan di Mancani, Sampoddo, Pasar dan juga di daerah Pelabuhan Tanjung Ringgit.

Walikota Palopo juga meminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat menjalankan ibadah di rumah ibadah saat perayaan Natal agar setelah perayaan tahun baru tidak akan muncul lagi klaster baru di kota Palopo.

ADVERTISEMENT

Dan Walikota juga ingin berdiskusi bersama unsur/kelompok terkait permintaan sumbangan yang akan memanggil beberapa lembaga kemahasiswaan bersama perwakilan mahasiswa dan ini dapat diantisipasi dan ditertibkan, karena efeknya akan meresahkan masyarakat.

Untuk masyarakat keluarga yang berdomisili diluar kota Palopo saat ini untuk sementara tidak pulang dulu ke Palopo karena terkait terus melonjaknya Covid-19 di kota Palopo begitupun dengan warga kota Palopo agar tidak keluar dari kota Palopo agar penyakit yang ada di kota Palopo tidak disebarluaskan ke daerah lain.

Sementara, Kapolres Kota Palopo AKBP Alfian Nurnas SH SIK menyampaikan terkait pos pengamanan yang disampaikan Walikota Palopo sangat mendukungnya karena kita ketahui pengamanan tahun baru ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Karena tahun ini masih dalam pandemi covid-19 dan selalu mengingatkan masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan sehingga dengan adanya pos selain untuk pengamanan kita juga secara bersama mencegah penyebaran covid-19.

Karena kita ketahui menjelang Natal dan tahun baru banyak kegiatan masyarakat yang menyebabkan terjadinya perkumpulan.

Kasdim 1403/SWG Suparman mengatakan akan terus mendukung kegiatan yang akan menjadi keputusan bersama dan siap menurunkan personil untuk melakukan pengamanan.

Adapun kesimpulan dari pertemuan ini yakni tetap tingkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Pembentukan tim terpadu untuk memantau aktivitas masyarakat dan juga antisipasi terhadap bencana yang juga akan dilaksanakan operasi lilin dari pihak polres untuk implementasi dan teknis pelaksanaan akan ditindaklanjuti untuk kemudian dilaporkan ke pimpinan.

Akan dilakukan patroli gabungan dimana jadwal dan personilnya akan disusun kemudian dan untuk permintaan sumbangan akan ditertibkan dan teknisnya akan dibicarakan dengan Polres dan satpol termasuk didalamnya penanganan anak-anak yang menjadi pengemis di jalan.

Dan akan dilakukan jadwal pertemuan dengan pemuka Nasrani, serta surat imbauan tentang larangan mudik.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs Firmanza DP SH MSi, Asisten I Bidang Pemerintahan Drs H Burhan Nurdin MSi, Ketua Pengadilan Negeri Kota Palopo Hasanuddin M SH MH, Pimpinan Perangkat Daerah, Jajaran Polres Palopo, dan undangan lainnya. (hms)

ADVERTISEMENT