Pemprov Sulsel Beri Hadiah Rumah dan Uang Tunai Rp300 Juta untuk Lifter Peraih Perunggu, Rahmat Erwin Abdullah

116
ADVERTISEMENT

MAKASSAR — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memberikan apresiasi kepada atlet Indonesia asal Sulsel yang meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020.

Hadiah berupa rumah dan uang tunai telah disiapkan untuk diberikan kepada Rahmat Erwin Abdullah yang berhasil menyabet medali perunggu.

ADVERTISEMENT

“Ada hadiah rumah yang akan diserahkan Pak Gubernur. Beliau juga memerintahkan untuk menyiapkan bonus dalam bentuk uang tunai,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulsel, Andi Arwin Azis, Rabu malam, 28 Juli 2021.

Arwin menyatakan Pemprov sangat bangga dan bersuka cita dengan raihan ini. Pemuda kelahiran 13 Oktober 2000 ini membuat kejutan dan tampil heroik di kelas 73 Kg putra.

ADVERTISEMENT

Meski tidak diunggulkan, ia berhasil meraih medali. Masuk di kategori B, mampu memberikan kejutan luar biasa, total angkatannya 342 Kg mampu bersaing dengan atlet terbaik di kategori A dan berakhir dengan raihan perunggu.

Arwin menyebutkan, Pemprov Sulsel mengapresiasi dengan memberikan bonus dan penghargaan yang akan diserahkan langsung oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

ADVERTISEMENT

“Karena memang dimungkinkan untuk Pemerintah Daerah tempat di mana atlet tersebut berasal untuk memberikan apresiasi berupa bonus atau penghargaan,” sebutnya.

Lanjutnya, bahwa Dispora Sulsel telah mendapat perintah dari Plt Gubernur Sulsel melalui Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) untuk mengusulkan pemberian bonus. Bonus ini untuk dianggarkan pemberiannya di tahun 2021.

“Kami mengusulkan nilai Rp300 juta. Mudah-mudahan itu bisa dipenuhi, itu baru usulan kami. Kalau pun ada penambahan tergantung, kami mengusulkan seperti itu, jadi bisa bertambah,” ungkap mantan Pjs Walikota Palopo itu.

Adapun untuk hadiah rumah difasilitasi oleh Bank Sulselbar. Kepastian komitmen dari bank plat merah milik Pemprov ini disampaikan Arwin, bahkan sebelum lifter muda yang baru pertama kali bertanding di Olimpiade berangkat berkompetisi.

“Untuk memastikan bahwa betul ini akan diberikan rumah. Bahkan sebelum Rahmat Erwin Abdullah melaksanakan pertandingan kita sudah melakukan komunikasi dengan Bank Sulselbar terkait dengan keinginannya untuk memberikan dukungan dengan menyiapkan satu unit rumah,” jelasnya.

Ia menyampaikan, bahwa Pemprov Sulsel selalu mendukung atletnya yang berlaga baik itu di skala nasional, regional maupun internasional. Di event multi nasional seperti Olimpiade, walaupun tidak terlibat langsung dalam pembinaan dan penyiapan fasilitas hingga pengiriman atlet. Dukungan selalu diberikan Pemprov Sulsel.

“Memang pelatnasnya itu di Jakarta dan dibiayai sepenuhnya oleh Kemenpora. Kita punya kewenangan di pemberian bonus dan penghargaan untuk event internasional. Dan tidak terlibat dalam biaya latihan dan pembinaan,” terangnya.

Ia berharap bahwa apa yang diraih oleh putra mantan altet angkat besi Sulsel, Erwin Abdullah yang sekaligus pelatihnya. Dapat menjadi pemicu atau pemantik semangat bagi atlet Sulsel lainnya. Bisa mempersembahkan prestasi untuk Sulsel dan Indonesia secara keseluruhan.

“Artinya, tidak ada jalan pintas untuk meraih prestasi. Semua butuh proses, latihan sungguh-sungguh dan fokus sehingga mampu untuk hadir dan mengantar atlet menuju podium internasional,” ujar Kadispora Sulsel.

Bukan hanya hadiah di atas, atas prestasinya membawa nama harum bangsa di panggung dunia, Rahmat Erwin Abdullah bakal diguyur bonus Rp 1 miliar dari pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Sebelumnya, Pemprov Sulsel juga telah memberikan apresiasi bagi saat meraih emas SEA Games 2019 Filipina dengan bonus Rp 75 juta.

(*)

ADVERTISEMENT