Pengurus Forum Kader Bela Negara Kabupaten Lutim Dikukuhkan

21
ADVERTISEMENT

LUTIM — Sebanyak 70 orang Pengurus Forum Kader Bela Negara Kabupaten Luwu Timur masa bhakti 2022-2027 dikukuhkan secara resmi oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman sebagai Pembina Kader Bela Negara Lutim, bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (22/12/2022).

Pengukuhan diawali dengan Pembacaan Naskah oleh Bupati Luwu Timur dan Penyerahan Bendera Pataka kepada Ketua Bela Negara, Zulkifli. Setelah dikukuhkan dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Gerakan Nasional Bela Negara oleh seluruh Kader Bela Negara.

ADVERTISEMENT

Tujuan Bela Negara ini ialah untuk menanamkan pada diri warga negara dalam melaksanakan nilai-nilai Bela Negara yakni mengenal dan mencintai tanah air agar selalu dan siap membela tanah air Indonesia terhadap segala bentuk ancaman, tantanga, hambatan dan gangguan yang dapat membahayakan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengaskan bahwa tidak semua orang bisa memakai loreng ini, jadi jaga kehormatannya. Hari ini saudara dikukuhkan sebagai Forum Bela Negara ini membantu pemerintah. “Saudara menjadi jangkar sosial dalam rangka menjaga NKRI. Saudara juga dikukuhkan untuk menjaga dan berbuat kebaikan-kebaikan yang ada ditengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

Budiman berharap agar wibawa pakaian ini dijaga, jaga marwah tempat kita belajar, karena kalian alumni sebuah sekolah militer dari Pakatto, Gowa. Terakhir, Pembina Kader Bela Negara Kabupaten Luwu Timur ini mengharapkan kepada pengurus yang baru dikukuhkan agar dapat membantu mensosialisasikan nilai bela negara dalam kehidupan sehari-hari serta dapat menjadi teladan yang baik dalam bermasyarakat.

“Saya berpesan para pengurus Forum Kader Bela Negara senantiasa memberikan pelayanan prima dan panutan bagi lingkungannya serta mampu menyebarluaskan semangat cinta tanah air dan bangsa dimanapun berada,” tandas Bupati Budiman.

ADVERTISEMENT

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Lutim, Guntur Hafid melepaorkan, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur sejak tahun 2017 telah mengadakan Pendidikan pelatihan Bela Negara kepada berbagai komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Luwu Timur bekerjasama dengan Rindam XIV Hasanuddin Pakatto Gowa sampai 2019. (rls/roy)

ADVERTISEMENT