Peringatan HUT Korpri ke-51, Sekda Palopo Bacakan Amanat Jokowi

31
Sekretaris Daerah Kota Palopo, Firmanza DP mewakili Walikota Palopo, HM Judas memimpin upacara memperingati HUT KORPRI ke-51 Tahun 2022. Kegiatan itu dirangkaikan dengan Hari Guru Nasional 2022 di Lapangan Pancasila Kota Palopo, Selasa (29/11/2022). (Foto : Dok. Pemkot Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Sekretaris Daerah Kota Palopo, Firmanza DP mewakili Walikota Palopo, HM Judas memimpin upacara memperingati HUT KORPRI ke-51 Tahun 2022. Kegiatan itu dirangkaikan dengan Hari Guru Nasional 2022 di Lapangan Pancasila Kota Palopo, Selasa (29/11/2022).

KORPRI (Korps Pegawai Republik Indonesia) didirikan sebagai wadah untuk menghimpun pegawai Republik Indonesia, yang bekerja di instansi pemerintahan, BUMN, serta BUMD.

ADVERTISEMENT

KORPRI didirikan pada tanggal 29 November 1971 melalui Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971. Tahun ini KORPRI akan merayakan hari jadi yang ke-51. Adapun tema yang diusung yakni “KORPRI Melayani, Berkontribusi, dan Berinovasi untuk Negeri”. Dirangkaikan dengan Hari Guru Nasional 2022 dengan tema “Serentak Berinovasi, Mewujudkan Merdeka Belajar”.

Mengacu pada Surat Edaran Dewan Pengurus Nasional KORPRI Nomor 10 Tahun 2022 tentang HUT Ke-51 KORPRI, acara puncak HUT KORPRI tahun ini akan dilakukan pada tanggal 29 November 2022 dengan melakukan upacara bendera.

ADVERTISEMENT

Dalam pelaksanaan upacara HUT KORPRI, umumnya inspektur upacara akan membacakan teks Pancasila dan teks pembukaan UUD 45 beserta penyampaian amanat dihadapan peserta upacara.

Firmanza DP dalam pembacaan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada para anggota korpri dimanapun bertugas.

ADVERTISEMENT

“Presiden menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap keluarga besar korpri yang selama setengah abad telah memberikan dharma bakti dan pengabdiannya dalam menjalankan tugas dan loyalitas kepada bangsa dan negara,” katanya.

“Maka permintaan kepada seluruh anggota kopri untuk benar-benar bisa bertransformasi secara total menjadikan dirinya sebagai bagian dari birokrasi untuk melayani masyarakat dengan sepenuh hati,” sambungnya.

Lebih lanjut dalam amanat disampaikan saat ini Indonesia masih merasakan dampak pandemi covid-19 yang terjadi sejak awal 2020 berimplikasi sangat luas terhadap seluruh sektor kehidupan bangsa. Sehingga mau tidak mau Indonesia harus beradaptasi dengan melakukan perilaku baru yang berbeda dari sebelumnya.

“Mengenai keberadaan korpri paska terbitnya undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara sudah pernah disampaikan bahwa korpri akan bertransformasi menjadi korps pegawai ASN Republik Indonesia dengan tujuan menjaga kode etik profesi dan standar pelayanan profesi aparatur sipil negara,” katanya.

“Menegaskan pula bahwa korupsi sebagai bagian integral dari pemerintah harus terus diperkuat sebagai salah satu komponen negara bangsa yang sangat strategis sehingga fungsi-fungsi seperti tercantum dalam undang-undang aparatur sipil negara dapat diwujudkan secara bertahap,” sambungnya.

Ada beberapa pesan yang ingin disampaikan dan harapan untuk dipedomani yakni, perkuat solidaritas korps dan perkuat kerjasama dengan segenap komponen bangsa dalam rangka menegakkan fungsi sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu mencari terobosan-terobosan positif dan cara kerja yang lebih cepat dan murah serta birokrasi yang lebih singkat transparan dan akuntabel guna meningkatkan pelayanan publik yang makin berkualitas.

Perkokoh integritas aparatur melalui perubahan mindset dengan menghindari segala bentuk pungutan liar tingkatkan kerja keras kerja cerdas kerja ikhlas dan kerja tuntas perkuat jiwa korps disiplin dan tertib hukum.

Cara kerja manual harus diubah dengan cara kerja digital di seluruh jajaran birokrasi pusat dan daerah, guru adalah pilar pendukung pemerintah mereka memberikan yang terbaik untuk mengajari kita pelajaran berharga dalam hidup dan menjadi sosok panutan Yang kita hormati.

Di akhir amanat sekretaris daerah Palopo selaku inspektur upacara menucapkan terima kasih kepada semua guru di Indonesia terutama guru yang ada di Palopo. “Karena telah menjadi panutan dalam hidup kami dan membantu kami tumbuh menjadi orang yang lebih baik selamat hari guru nasional 2022 dan hut PGRI ke 77,” pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Palopo bersama Ketua DPRD Palopo, Dr Hj Nurhaenih dan Forkopimda Palopo menyerahkan Piagam Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tahun 2022 kepada Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Palopo. (rls)

ADVERTISEMENT