Pesan Walikota Saat Malam Ramah Tamah Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 : Bangga Jadi Orang Palopo

55
Walikota Palopo, HM Judas Amir bersama unsur Forkopimda menghadiri malam ramah tamah, dalam rangka peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan itu berlangsung di Halaman Belakang Kantor Walikota Palopo, Rabu (17/8/2022). (Dok. Kominfo Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO – Walikota Palopo, HM Judas Amir bersama unsur Forkopimda menghadiri malam ramah tamah, dalam rangka peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan itu berlangsung di Halaman Belakang Kantor Walikota Palopo, Rabu (17/8/2022).

Kegiatan ini juga dihadiri sebagian besar Masyarakat Kota Palopo, berlangsung meriah tatkala sejumlah penampilan disuguhkan. Penampilan itu di antaranya Tari Wonderland yang dipersembahan SD IT Insan Madani Kota Palopo.

ADVERTISEMENT

Selain itu, adapula Story Teling dan puisi yang dibawakan Nabila Fikriya Imran. Dia merupakan Perwakilan Kota Palopo pada lomba Story Teling tinggkat Provinsi Sulawei Selatan.

Sekretaris Daerah H Firmazah DP yang juga ketua panitia melaporkan rangkaian kegiatan Pemkot Palopo dalam rangka memeriahkan HUT Indonesia ke-77. Kegiatan antara lain, Karnaval Merdeka tingkat TK dan SD sederajat, yang dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2022.

ADVERTISEMENT

Kegiatan tersebut diikuti 144 sekolah. Ada juga pawai sepeda hias tinggkat SMP dan SMU yang diikuti sebanyak 352 peserta. Lomba kebersihan antar OPD dan Puskesmas se-Kota Palopo, Lomba antar Kelurahan dengan penilaian kondisi kamtibmas, pelunasan pajak PBB dan capaian Vaksin dosis I,II dan III, pelaksanaan pengukuhan Paskibra, AKRS, Pengibaran dan Penurunan bendera, Pemberian remisi, serta acara malam ramah tamah.

“Selain kegiatan di tingkat kota, juga banyak kegiatan pada tingkat Kecamatan dan Kelurahan. Harapan kami tahun depan, dapat melaksanakan kegiatan lebih baik lagi, membuktikan Kota Palopo tetap tangguh dan ekonomi tetap tumbuh,” kata Firmanza.

Sementara itu, HM Judas Amir pada kesempatannya mengatakan, peringatan HUT Indonesia ke 77 ini untuk mempererat tali silaturahmi seluruh masyarakat Palopo. Selain itu juga sebagai sarana menghibur diri.

Dia juga mengatakan pentingnya peringatan hari Kemerdekan agar semua mengingat perjuangan rakyat Indonesia yang merasakan merdeka seperti yang dirasakan sekarang.

“Kalimat Proklamasi, 77 Tahun yang lalu, dibacakan kembali pada upacara kemerdekaan itulah yang mempersatukan kita semua. Mari kita bangga menyebut diri kita orang Indonesia, mari berbangga menyebut diri kita orang Palopo, kita sudah mengaku bangsa Indonesia, kita akan merasakan nikmat dan tanggung jawab kepada bangsa, itu akan melekat kepada diri kita,” katanya.

Walikota juga mengimbau, agar hal-hal yang tidak pantas dilakukan dalam berbangsa bernegara agar dihindari. Semua hak dan kewajiban sama, itulah yang disebut merdeka, memenuhi peraturan perundang-undangan bertangung jawab akan hal itu.

“Tidak ada satupun warga negara, menjadi aparatur negara yang baik, tanpa memenuhi aturan perundang-undangan. Inilah kemerdekaan saling hormat menghormati, bangsa ini kita semua pemiliknya,” tandas Wali kota

Di akhir kegiatan, dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada sejumlah masyarakat yang berpartisipasi terhadap pembangunan Kota Palopo. Penghargaan itu diserahkan Wali kota.

Penghargaan yang diserahkan antara lain, penghargaan piagam bidang keagamaan, juga pemberian cindera mata kepada Legiun Veteran Palopo. Kegiatan ini juga memgumumkan pemenang hasil lomba karnaval tinggkat SD dan TK se-Kota Palopo.

Hadir diantaranya Forkopimda. Ketua TP PKK Kota Palopo, Ketua MUI, NU Kota Palopo, Jajaran DPRD Kota Palopo, Jajaran Kepala Perangkat Daerah, Ketua FKUB, Ketua IDI, Legiun Veteran Palopo, ASN dan, tokoh agama tokoh masyarakat, Anggota Paskibra dan tamu undangan. (yonk)

ADVERTISEMENT