Pimpin Apel Siaga Percepatan Penurunan Stunting, Sekda Palopo Serahkan Data 344 Anak ke Bapak dan Ibu Asuh

64
Sekretaris Daerah Palopo, H Firmanza DP menyerahkan data 344 anak yang terindikasi stunting ke bapak dan ibu asuh. (Foto : Dok. Pemkot Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Sekretaris Daerah Palopo, H Firmanza DP mewakili Walikota Palopo menjadi Pembina Apel Siaga Percepatan Penurunan Stunting tingkat Kota Palopo. Kegiatan itu berlangsung di Halaman Belakang Kantor Walikota Palopo, Jumat, 3 Februari 2023.

Dalam apel siaga percepatan penurunan stunting diawali dengan Penyerahan daftar orang tua asuh secara simbolis. Beberapa hari terakhir Pemerintah Kota Palopo mengadakan pertemuan yang membahas tiga masalah, yaitu inflasi, Stunting, dan kemiskinan ekstrim. Untuk inflasi sudah ada beberapa rencana kedepan.

ADVERTISEMENT

“Untuk tingkat kemiskinan ekstrim kami sudah sampaikan data kepada para Camat untuk diteruskan kepada Lurah untuk melakukan pendataan kembali ke lapangan. Penanganan stunting seperti yang kita telah laksanakan sebelumnya Tinggal dipermantap lagi agar hasilnya bisa lebih baik dari sebelumnya,” kata Sekda Palopo.

“Kita bisa lihat data dari tahun 2022 terjadi penurunan, namun penurunan tersebut belum signifikan oleh karena itu di tahun 2023 kita melakukan lagi terobosan-terobosan supaya Stunting di Kota Palopo ini bisa menurun,” sambungnya.

ADVERTISEMENT

Firmanza mengatakan Pemerintah Kota Palopo mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam upaya penanganan stunting.

“Kami berharap apa yang sudah dilaksanakan selama ini sudah memperlihatkan hasil dan tentunya harus ditingkatkan lagi Sudah terjadi penurunan dan ini merupakan prestasi yang baik bagi kita semua,” jelas Firmanza DP.

“Untuk penanganan stunting ini kita tadi sudah mengangkat bapak dan ibu asuh by name by address dimana ada 344 anak yang sudah dibagi habis kepada para Kepala OPD, Kepala Sekolah, begitupun untuk TNI dan Polri,” lanjutnya.

Dia mengatakan dengan dibantu Camat dan Lurah, anak-anak yang stunting bisa keluar dari indikasi Stunting. Dengan begitu kasus Stunting di Kota Palopo bisa selesaikan dengan baik.

“Pekerjaan ataupun tugas-tugas kita dalam penanganan stunting adalah tugas kemanusiaan yang sangat mulia. Harapan bapak Walikota Mari kita bekerja sama dengan baik, Mari kita saling berkomunikasi dan berkoordinasi dengan baik sehingga implementasinya bisa dilaksanakan dengan baik.” Pesan Sekretaris Daerah Kota Palopo dalam amanah Pembina Apel.

Turut hadir unsur Forkopimda, Para Asisten dan Staf Ahli Setda Kota Palopo, Para Kepala OPD se-Kota Palopo, para Kabag Setda Kota Palopo, Para Camat dan Lurah se-Kota Palopo, dan peserta apel. (rls)

ADVERTISEMENT