Polling Pilkada Lutim 2020, Duet Ibas-Andi Rio Sementara Jauh Ungguli MHT-Budiman

5294
ADVERTISEMENT

PALOPO–Belum sepekan mewacana sebagai bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur (Lutim), Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Patiwiri mulai menarik perhatian masyarakat di ‘Bumi Batara Guru’, Lutim. Duet ini dinilai penantang kuat untuk incumbent di Pilkada Lutim, HM Thoriq Husler (MTH) yang mewacana akan menggandeng Budiman Hakim.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat OlehMW Quiz

Melalui polling ‘Siapa Bupati dan Wakil Bupati Lutim Pilihan Anda’ yang diadakan Pollingkita.com, Jumat (19/2020), duet Irwan yang akrab disapa Ibas-Andi Rio jauh melampaui duet Husler-Budiman Hakim.

ADVERTISEMENT

Hasilnya cukup mencengangkan. Duet Ibas-Andi Rio meraih dukungan 73,1% persen (377 pemilih), sedangkan duet MTH-Budiman meraih dukungan 26,9% atau dipilih 139. Hasil pooling selengkapnya bisa dicek melalui wwww.pollingkita.com.

Diberitakan KORAN SERUYA sebelumnya, sejumlah kalangan menilai, duet dua tokoh muda Ibas-Andi Rio ideal dan kuat menjadi penantang incumbent, HM Thoriq Husler pada Pilkada 2020, 9 Desember mendatang. Bahkan, berbagai pihak menilai, duet Ibas-Andi Rio bukan ecek-ecek.

ADVERTISEMENT

Berbagai spekulasi mencuat menyusul. Apalagi, Andi Rio sendiri mengakui jika dirinya sepakat berduet dengan Ibas, yang tidak lain Wakil Bupati Lutim periode ini. Ibas katanya maju sebagai bakal calon bupati, sedangkan dirinya mendampingi Ibas sebagai bakal calon ’02’ Lutim.

Deal dua tokoh ini dicapai dalam pertemuan di kediaman Andi Hatta, yang tidak lain ayah Andi Rio, di Karebbe, Desa Laskap, Kecamatan Malili, Rabu (17/6/2020) malam lalu. Usai bertemu, Ibas dan ARP berfoto salam komando.

“Insya Allah, kami berdua bersepakat sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati Luwu Timur,” kata Andi Rio kepada wartawan usai pertemuan tersebut.

“IBAS sebagai bupati, ARP (akronim Andi Rio) wakil bupati,” imbuh Andi Rio

Andi Rio figur muda berlatarbelakang pengusaha. Dibalik Andi Rio, nama Andi Hatta yang dua periode memimpin Lutim tidak bisa dinafikkan masih memiliki pengaruh kuat di Lutim. Bahkan, pengaruh Andi Hatta masih sangat kental di Partai Golkar Lutim, partai pengusung incumbent, Thoriq Husler.

Beberapa hari sebelumnya, Andi Hatta menyatakan bahwa Andi Rio adalah puteranya, yang tidak lain harga dirinya. Pernyataan Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Sulsel ini seolah telah terjawab, bahwa Andi Rio maju di arena Pilkada Lutim.

Beberapa pihak kepada KORAN SERUYA, mengamini jika duet Ibas-Andi Rio hampir pasti. “Yang pasti itu kalau sudah mendaftar di KPU. Namun, arah kesana sudah semakin terang karena keduanya sudah sepakat,” kata salah seorang petinggi Partai Nasdem di Luwu Raya, mewanti-wanti identitasnya tidak dimediakan.

Sumber ini juga mengirimkan foto duet Ibas-Andi Rio via WA ke media ini. “Kalau duet ini maju, tentu bukan duet ecek-ecek. Duet ini lapangan tangguh incumbent dan siap jadi penantang,” katanya. (*/tari)

ADVERTISEMENT