Prof Aswanto, Putra Tana Luwu Diusul Jadi Penjabat Gubernur Sulsel

403
ADVERTISEMENT

MAKASSAR — Gubernur Andi Sudirman Sulaiman akan menyelesaikan pemerintahannya pada 5 September 2023 mendatang. Sejumlah nama mulai dibahas dan dibicarakan masing-masing fraksi di DPRD Sulsel sebagai figur calon Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel. Salah satu nama yang cukup mencuat dalam pembahasan masing-masing fraksi adalah nama Prof Aswanto yang ini menjabat Staf ahli Bidang Hukum Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Ia diusulkan oleh dua partai yakni Nasdem dan PKS. “Ada beberapa nama. Namun figur yang saya kira tepat adalah Prof Aswanto,” kata Wakil Ketua DPRD Sulsel Fraksi PKS Muzayyin Arif, kepada wartawan. Hal senada juga disampaikan Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Sulsel Ady Anshar, setelah dilakukan konsultasi dengan Kemendagri. “Ada tiga nama, namun yang kami anggap pas adalah Prof Aswanto,” sebutnya.

ADVERTISEMENT

Menanggapi hal itu, pakar komunikasi dan akademisi dari Unhas, Hasrullah menilai, sosok Prof Aswanto memang punya kualitas yang tak diragukan lagi. Selain telah malang melintang di berbagai lembaga tinggi negara seperti menjadi Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), dan di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pusat, Prof Aswanto merupakan aset bangsa yang sangat berharga.

Dalam karakter, integritas, dan kapabilitas, Prof Aswanto tidak lagi diragukan. “Idealisme yang dimilikinya sangat kuat dan tak tergoyahkan. Di samping itu, dari sisi keilmuan, Prof Aswanto sangat paham seluk-beluk hukum dan kebijakan sehingga dengan gampang menyesuaikan diri dengan kondisi pemerintahan yang ada,” ujar Hasrullah. Diketahui, Prof Aswanto adalah lelaki kelahiran Komba, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu pada 17 Juli 1964. (*)

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT