Progres Simpeg Dinas Kominfo Palopo Capai 80 Persen

242
Kasubag umum dan kepegawaian Kominfo Palopo, Irwana Ismail S.Sos.

PALOPO — Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan bagian terpenting dalam pelaksanaan fungsi dan tugas suatu instansi atau perusahaan. Fungsi esensial manajemen SDM adalah memastikan agar organisasi dapat mencapai tujuan strategisnya dengan memiliki SDM yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan instansi secara kuantitas maupun kualitas.

Demikian halnya dengan Dinas Kominfo, aspek SDM menjadi salah satu perhatian penting dalam mewujudkan optimalisasi pencapaian program yang telah dicanangkan. Berdasarkan hal itu, Dinas yang dipimpin oleh Baso Akhmad, SH tersebut tengah merampungkan pendataan Sistem Informasi Manajamen Kepegawaian (Simpeg) di lingkup Dinas Kominfo Palopo.

BACA JUGA :Kominfo Palopo Gelar Bimtek untuk Admin Aplikasi LAPOR-SP4N

Menurut Kasubag umum dan kepegawaian Kominfo Palopo, Irwana Ismail S.Sos bahwa saat ini progres pelaksanaan Simpeg di Kominfo telah mencapai angka 80 persen. Dirinya sangat optimis bahwa dalam waktu dekat akan terwujud sampai angka 100 persen. “ Masih ada beberapa item data dari para pegawai yang sementara dalam proses perampungan, semoga dalam waktu dekat ini akan tercapai “ imbuhnya seraya menambahkan bahwa pihaknya terus melakukan koordinasi dengan seluruh pegawai untuk memaksimalkan pencapaian tersebut.

Mantan kepala seksi pemberdayaan masyarakat kelurahan Salobulo tersebut mengatakan bahwa Sistem Informasi Manajemen adalah merupakan suatu sistem informasi manajemen yang berfungsi untuk mengelola data, manajemen dan administrasi kepegawaian sebuah instansi, perguruan tinggi ataupun perusahaaan. Menurutnya SIMPEG menjadi solusi tepat bagi sebuah instansi atau perusahaaan dalam rangka mengatasi masalah manajemen kepegawaian.

Irwana menambahkan bahwa implementasi SIMPEG adalah dapat terwujudnya sistem informasi yang berintegrasi dalam suatu jaringan komputer yang mampu menghasilkan informasi yang bermutu untuk menunjang pengambilan keputusan manajemen kepegawaian di lingkungan instansi.

Selain itu, Irwana Ismail yang dikenal ramah tersebut menguraikan beberapa manfaat penting dalam implementasi SIMPEG , diantaranya untuk mendapatkan informasi tentang keadaan pegawai atau profil kepegawaian yang cepat dan akurat, mendukung pelaksanaan pembuatan laporan, memudahkan mengetahui pegawai yang akan naik pangkat dan yang akan mendapat kenaikan gaji berkala, memudahkan pemantauan jatah cuti, memudahkan dalam pengelolaan beban kerja kepada pegawai.

BACA JUGA :Kominfo Palopo Gunakan Program ‘Marasa’

Sementara itu adapun fungsi pelaksanaan SIMPEG yaitu meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat, mewujudkan data kepegawaian yang mutakhir dan terintegrasi, mengembangkan proses perencanaan yang efektif serta menyediakan Informasi Pegawai yang akurat untuk keperluan perencanaan, pengembangan, kesejahteraan dan pengendalian pegawai. (*/asm)