Putera Luwu Pertama Pimpin KNPI Sulsel, Ketua DPRD Luwu: Kita Patut Berbangga

971
Andi Muhammad Arham Basmin dilantik menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Selatan (Sulsel) periode 2019-2022, Sabtu (7/3/2020) malam lalu.
ADVERTISEMENT

MAKASSAR–Andi Muhammad Arham Basmin dilantik menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Selatan (Sulsel) periode 2019-2022, Sabtu (7/3/2020) malam lalu. Arham dan kolega dilantik di SPN Batua, Kota Makassar. Arham Basmin yang kerap disapa Bung Arham ini, menjadi pemuda pertama dari Tana Luwu yang memimpin DPD KNPI Sulsel.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KNPI, Haris Pertama, Sekjen DPP KNPI, Jackson Jumat serta sejumlah pengurus DPP lainnya seperti wakil ketua dan bendahara DPP KNPI.

ADVERTISEMENT

Pelantikan Ketua KNPI Sulsel, juga dihadiri sejumlah pejabat dan politisi, seperti Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif, Ketua MPW Pemuda Pancasila, Diza Rasyid Ali, dan sejumlah ketua dan pengurus organisasi kepemudaan (OKP) yang berhimpun di KNPI.

Selain itu, hadir pula Bupati Kabupaten Luwu, Basmin Mattayang, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali, Mappatunru dan Zulkifli, serta Wakil Kabupaten Bupati Wajo, Amran.

ADVERTISEMENT

Dilansir dari Sindonews.com, Rusli Sunali menyampaikan, sebagai putra Tana Luwu, ia mengaku bangga terhadap sosok Arham Basmin Mattayang yang disebutnya gigih mengharumkan Tana Luwu.

“Setahu saya ini pertama kali salah seorang putra terbaik Tana Luwu menjabat sebagai ketua KNPI Sulsel. Bagi saya ini sejarah yang patut kita banggakan dan dukung bersama,” ujar politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

ADVERTISEMENT

Hal senada disampaikan Wakil Ketua DPRD Luwu, Zulkifli legislator Partai Golkar dan Mappatunru, legislator Partai Perindo. “Kami tentu berbangga. Seperti yang disampaikan Ketua DPRD Luwu, ini adalah sejarah yang patut dibanggakan dan didukung oleh pemuda di Tana Luwu,” katanya.

Ketua panitia pelantikan, Indira Mulyasari Paramastuti dalam laporannya menyampaikan bahwa pelantikan tersebut dihadiri oleh 350 orang peserta yang juga pengurus KNPI Sulsel.

“Sejumlah agenda telah kami laksanakan yang merupakan rangkaian kegiatan kita hari ini, di antaranya pemeriksaan kesehatan, konsultasi hukum gratis, outbound, senam, hingga orientasi,” ujar mantan calon Wakil Wali Kota Makassar itu.

Andi Arham Basmin, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dia menjadi ketua KNPI Sulsel bukan berarti lebih pintar dan hebat dari pengurus KNPI lain. “Saya menjadi ketua untuk memastikan seluruh ide dan gagasan saudara untuk Sulsel berjalan selama tiga tahun ke depan,” ujarnya.

KNPI menurut dia merupakan wadah berhimpun bagi organisasi kepemudaan. Tugas organisasi kepemudaan ini bisa berjalan di seluruh Kabupaten dan Kota di Sulsel, dan bermanfaat demi kemajuan daerah.

“Tugas kita sebagai mitra strategis sekaligus mitra kritis atas jalannya roda pemerintahan di Sulsel. Sebagai mana tagline kami Pemuda Berdaya Sulsel Berjaya, karena kami yakin Sulsel akan maju jika pemuda diberdayakan,” serunya.

KNPI Sulsel di bawah kepemimpinan Arham Basmin memiliki komitmen, dalam 3 tahun ke depan akan menjaga tiga fungsi kemitraan di atas. Sebagai permulaan, KNPI Sulsel dalam waktu dekat akan melakukan konsolidasi organisasi di seluruh kabupaten dan kota di Sulsel.

“Setelah itu kami memastikan seluruh program yang kami susun bisa sejalan dengan RPJMD Sulsel. Olehnya itu kami akan membedah RPJMD Sulsel dan kami sinkronkan degan program kami ke depan,” katanya. (*/tari)

ADVERTISEMENT