Rating Facebook Turun Drastis di Google Playstore, Warganet Jengkel Gegara Pro Zionis Israel?

315
ADVERTISEMENT

SOSMED–Penilaian terhadap aplikasi Facebook di Playstore dan App Store menurun dalam beberapa jam terakhir di Indonesia di tengah konflik antara Israel dan militan Gaza di Palestina.

Melansir CNN Indonesia, Rabu (19/5), pukul 13.12 WIB, rating aplikasi Facebook hanya 2,6 dari poin penuh 5 dengan lebih dari 115 juta ulasan. Sedangkan di App Store, rating Facebook hanya 3,3 dari 5.

ADVERTISEMENT

Di kolom ulasan tampak sejumlah pengguna asal Indonesia yang memberi penilaian 1 bintang menilai Facebook terafiliasi dengan Israel.

Israel diketahui membombardir kawasan Gaza selama sepekan terakhir dan sudah menewaskan lebih dari 200 warga Palestina. Militan Gaza diketahui juga sudah menembakkan ribuan roket sebagai tindakan balasan.

ADVERTISEMENT

Tendensi negatif pada Facebook bukan cuma di toko aplikasi, sejumlah netizen di Twitter menyerukan media sosial buatan Mark Zuckerberg ini.

Misalnya, akun @Dagdigduq tampak mengunggah video TikTok seorang warga Indonesia dengan akun @wartawan_tiktok yang menyerukan membantu Palestina memerangi musuhnya secara digital.

Akun @wartawan_tiktok menyampaikan Facebook, Instagram, dan Twitter adalah perusahaan milik Amerika Serikat. Dia meminta netizen memberi rating bintang 1 kepada seluruh aplikasi itu.

Penurunan rating ini dikira akan menurunkan pendapatan AS yang membantu Israel secara finansial.

Menurut pendapat warganet, Facebook dan Instagram banyak memblokir akun yang mendukung Palestina dan memojokan istrael.

“Saat ini Facebook dan Instagram membatasi postingan tentang Palestina. Banyak akun yang postingannya tentang Palestina dihapus tiba-tiba, ada yang kena hukum tidak bisa memberikan komentar atau tidak bisa posting selama 30 hari. Kami mengajak followers semua untuk memberikan bintang satu sebagai bentuk protes kita,” tulis Vtho Stones dalam ulasan di Facebook (18/5) melansir akurat.co.

“Facebook belakangan ini menjadi corong golongan tertentu dan tidak adil. Terbukti berita-berita tentang Palestina langsung disaring ketat dan akun yang memposting auto blokir. Facebook membatasi kemerdekaan informasi dan kemerdekaan berpendapat,” sambung Jane’s SeeNew Lingga yang turut serta memberi bintang satu pada platfrom Facebook.

Keberpihakan Facebook terhadap Israel membuat rating-nya pun menurun drastis.

Awalnya total rating Facebook di Google Playstore sebesar 3,4 namun terus turun drastis.

Tampaknya akan semakin turun lagi, yang menurut pantauan terakhir Koran Seruya pada Kamis malam ini (20/5) pukul 21.00 Wita, sudah berada di level 2,3 setelah sempat berada di level 2,2.

(*)

ADVERTISEMENT