Revitalisasi Islamic Center Palopo dan Sirkuit Butuh Rp99 Miliar Tahap Awal,

332
Islamic Centre Palopo
ADVERTISEMENT

PALOPO–Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo, Sulawesi Selatan, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palopo akan segera melakukan revitalisasi kawasan Masjid Islamic Center, Kota Palopo, serta akan membangun arena road race.

Sesuai perencanaan awal, revitalisasi ini akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap awal, pada tahun 2021 ini, Pemkot Palopo akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp15 Miliar dari Rp50 Miliar pagu anggaran revitalisasi Islamic Center.

ADVERTISEMENT

Sedangkan proyek arena road race di Songka, disamping Terminal Type A, akan menelan anggaran kurang lebih Rp49 miliar (multi years). Atau total keduanya sekira Rp99 miliar dalam tahun jamak.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Palopo, Harianto ST kepada awak media beberapa waktu lalu melalui Kabid Cipta Karya Dinas PUPR, Ibnu Rus.

ADVERTISEMENT

Dia juga menyebu, jika dalam kawasan Masjid Islamic Center nantinya akan dibangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) di masjid ini, selain itu juga bakal dibangun Sekolah Islam Terpadu mulai dari PAUD, SD, hingga SMP. “Untuk tahap awal yakni di tahun 2021 ini dianggarkan Rp15 Miliar,” katanya saat ditemui.

Hal itu dipertegas Kepala Bidang Cipta Karya Ibnu Rus, yang juga bertugas sebagai PPK dalam proyek itu.

ADVERTISEMENT

Ibnu Rus menyebutkan proyek ini dalam waktu dekat bakal segera tayang di website pengadaan barang dan jasa LPSE.

Luas lahan di kawasan Islamic Center yang terletak di Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan itu kurang lebih delapan hektar. Kawasan ini ditarget bakal menjadi kawasan kuliner, ekonomi dan pendidikan.

Walikota Palopo sendiri yakni HM Judas Amir pun telag melakukan pencanangan dan peletakan batu pertama pembangunan revitalisasi kawasan Islamic Centre kota Palopo, pada Jumat, 12 Februari 2021 lalu.

Kadis PUPR kota Palopo, Harianto, ST saat menyampaikan laporannya mengatakan, ini semua berkat dukungan dan komitmen pemerintah kota Palopo dalam mencanangkan pembangunan revitalisasi kawasan Islamic Centre ini.

Untuk anggaran kegiatan pembangunan ini disebutkan Kadis bahwa kurang lebih sekitar 50 miliar, yang akan dilaksanakan dalam tiga tahap nantinya (multi years). Pelaksanaannya dijadwal selesai 2023 mendatang. “Untuk tahap pertama di tahun 2021, pemerintah menganggarkan sebesar Rp15 Miliar,” saat itu.

Sedangkan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Pemkot Palopo, Hamsir Hamid ST, kepada awak media, Kamis lalu, 8 Juli 2021 menjelaskan, jika proyek arena road race dan revitalisasi Islamic Centre akan berada di Kelurahan Songka, Kecamatan Wara Selatan (Warsel).

Bukan hanya itu, gedung Pusat Kuliner dan Perdagangan, lokasinya di eks Luwu Plaza, Jln Andi Djemma kabarnya juga bakal segera tender.
“Sebelumnya, kita sudah menayangkan 10 paket kegiatan DAK pendidikan dan 8 paket DAK kesehatan, berikutnya 3 proyek multi years PUPR bakal tayang di LPSE, saat ini Konsultan MK PUPR sedang merampungkan dokumen lelangnya,” jelas Hamsir.

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR, Ibnu Rus, menambahkan proyek arena road race di Songka (samping Terminal Type A) akan menelan anggaran kurang lebih Rp49 miliar, sementar proyek Islamic Centre dianggarkan sekitar kurang lebih Rp50 miliar. “Anggaran tahun jamak dua proyek multi years ini bersumber dari APBD kota,” sebutnya. (iys)

ADVERTISEMENT