Samil Ilyas Pimpin DMI Palopo, Bakal Dilantik Pekan Depan

735

PALOPO–Bila tak ada aral melintang, Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) kota Palopo masa bakti 2020-2025 akan segera dilantik.

Hal ini disampaikan langsung Ketua DPW DMI Sulawesi Selatan, HM Amin Syam saat dihubungi Rabu malam (5/2/2020). Mantan gubernur Sulsel itu mengatakan, khusus kota Palopo, pelantikan pengurus sudah diagendakan pada Rabu pekan depan (12 Februari).

“Sudah terbit SKnya, saya dengar rencananya tanggal 12 (Februari) kita lantik, jadwalnya begitu, ada sekitar 100 nama-nama pengurus dalam SK tersebut yang terbit ,” terang Amin.

Sementara itu ketua terpilih, H. Samil Ilyas yang dihubungi lewat WhatsApp Rabu (5/2) membenarkan agenda pelantikan dirinya itu.

“Alhamdulillah, kami sudah menerima SK dari Ketua Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Bapak Drs H Muhammad Amin Syam M.Pd, beliau meng-SK-kan pada 14 Januari 2020 lalu, kami sebagai penerima amanah, apalagi ini urusan dunia wal akhirat, tentu akan menerima tanggungjawab ini dengan bekerja semaksimal mungkin,” ungkap Samil.

H Samil Ilyas yang juga Kepala BPKAD kota Palopo itu melanjutkan, persiapan menuju acara pelantikan tersebut sudah dilakukan.

“Jadi agenda pelantikan itu Rabu 12 Februari di Ruang Pola Balaikota Palopo, insya Allah akan dihadiri bapak mantan gubernur yang menjabat Ketua DPW DMI Sulsel, kalau di Pusat itu ketuanya pak Jusuf Kalla, mohon doanya agar acara (pelantikan) nanti lancar, intinya kami siap mengemban amanah,” imbuh mantan Kepala Inspektorat kota Palopo itu.

Samil juga menyebut jika saat di kota Palopo terdapat kurang lebih 197 masjid tersebar di 9 kecamatan dan 48 kelurahan, dimana Kecamatan Bara, Wara dan Wara Timur adalah kecamatan dengan jumlah masjid terbanyak di kota Palopo, sedangkan jumlah mushola terdapat kurang lebih 52 buah musholla.

“Menjadi pengurus DMI itu bukan saja soal Hablum minallahu tapi juga Hablum minannas, bukan sekedar hubungan kepada Allah sang Pencipta saja, tetapi juga dengan sesama mahluk ciptaanNya, kita ingin orang 5 kali sehari datang ke masjid, dan memakmurkan masjid serta menjadikan masjid sebagai wadah berhimpun, bersosialisasi soal-soal kemasyarakatan bagi kemaslahatan umat Muslim di kota Palopo,” tandas Samil.

Masjid ini harus menjadi tempat bagi syiar Islam, sehingga menjadi lebih ramai dan didatangi masyarakat. Selama ini Pemkot Palopo senantiasa memberi perhatian besar untuk memakmurkan masjid, pungkasnya.

Diketahui, dalam SK Pengurus Pimpinan Daerah DMI Palopo yang dikeluarkan DPW bernomor 216/PW-DMI/SS/SK/I/2020 H Samil Ilyas didaulat menjadi ketua dan Lukman Mallo menjabat sekretaris.

Disamping itu, nama-nama lain juga ada, misalnya HM Judas Amir ex officio walikota Palopo menjabat Penasehat sekaligus sebagai ketua Mustasyar, Rahmat Masri Bandaso menjabat ketua Dewan Pakar, Firmanza DP menjabat ketua Dewan Ekonomi Syariah dan sejumlah nama-nama populer lainnya misalnya Abd Pirol yang rektor IAIN Palopo diberi amanah selaku wakil ketua Dewan Pakar, dan nama-nama lain diantaranya Dr H. Suaedi yang mantan rektor UNCP, Herawan S Toni, Hj Nurlinda Sabani, Drs KH Bashori Kastam, Drs HM Arif Rahman M.Pd.I, dan lainya. (iys)