Sandiaga Uno Dinilai Layak Capres 2024, Ini Alasannya

76
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno
ADVERTISEMENT

SEJUMLAH ulama, habib, dan Pemuda Islam Indonesia (PII) di Sulawesi Selatan (Sulsel) tergabung dalam Ijtima Ulama mendeklarasikan dukungan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno untuk maju capres 2024. Dukungan diberikan kepada Sandiaga karena dinilai dapat menjadi pemimpin yang memberi perubahan.

“Kami menginginkan perubahan di Republik Indonesia ini. Kami menilai Sandiaga mampu memberi perubahan yang berkeadilan dan cukup signifikan bagi tegaknya negara kesatuan Indonesia,” kata Pimpinan Darul Qur’an Al-Umm Laiya Sinjai, KH Muhammad Wahid Dahlan, di Phinisi Ballroom Hotel Claro, Makassar, Sulsel, Selasa (22/2/2022).

ADVERTISEMENT

Pimpinan Ponpes Yasmin Kota Makassar, Akrama Hatta menilai Sandi sebagai sosok yang sampai saat ini tidak memiliki sentuhan konflik di masyarakat. Sandi juga bisa menjadi teladan memimpin di masa depan.

“Kami bersama-sama melihat Sandiaga ini sebagai sosok teladan. Bahkan, sampai saat ini kami melihat Sandiaga belum ada sentuhan konflik di level masyarakat,” kata Akrama.

Menurut Akrama, saat ini Indonesia membutuhkan sosok kepemimpinan yang bisa merangkul masyarakat dari kalangan atas sampai bawah. Sandi dianggap untuk mengisi sosok tersebut. “Karena hari ini terlalu banyak teriakan yang susah dianalisis dari masyarakat yang ada di bawah. Maka kami butuh orang-orang hebat yang bisa mengelola bangsa ini, seperti Sandiaga Uno,” jelasnya.

Dalam kegiatan kali ini, Sandiaga Uno juga menyapa para ulama, habib, dan pemuda Islam via daring. Sandi berterima kasih dan bersyukur kepada ulama dan habib yang telah hadir meski tanpa dorongan siapa pun.

“Saya sangat bersyukur dengan adanya silaturahim dengan ulama, habib, dan tokoh pemuda. Saya yakin, saat ini yang paling penting adalah silaturahim dan bersatu padu untuk menciptakan proses kebangkitan ekonomi, khususnya ekonomi umat,” ujar Sandiaga Uno.

“Tentunya saya sangat memuliakan ulama yang merupakan pewaris pada nabi. Kami semua ini sangat memuliakan nasihat dari pada ulama, habib, dan kyai,” sambung dia.

PELUANG SANDIAGA UNO

Sandiaga Uno dukungan untuk maju sebagai Capres 2024 oleh Forum Ijtima Ulama dan Pemuda Islam. Lalu bagaimana peluang Sandiaga mengenai pencapresan ini?

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai Sandiaga Uno adalah sosok yang sangat populer. Berbekal dengan popularitas ini, Adi menyebut Sandiaga adalah salah satu calon presiden yang menjanjikan.

“Sandi ini barang bagus. Sosoknya cukup populer dan diterima semua kalangan. Baik nasionalis maupun Islam. Sangat menjanjikan di Pilpres 2024. Tak heran kalau muncul relawan Ijtima Ulama dan Pemuda Islam deklarasi dukungan,” kata Adi.

Adi pun menganalisis peluang Sandiaga akan diusung oleh Partai Gerindra. Dia menyebut peluang itu masih terbuka lebar. “Sekalipun kader Gerindra mendukung Prabowo Subianto maju pilpres kembali, tapi sampai saat ini belum ada pernyataan tegas dari Prabowo menerima atau menolak aspirasi kader Gerindra itu,” ucapnya.

Adi menilai, saat ini Ketum Gerindra itu masih menimbang apakah dirinya akan maju kembali sebagai calon presiden. Prabowo, kata Adi, juga sedang memperhitungkan apakah partainya akan mengusung Sandiaga. “Itu artinya, Prabowo sedang menghitung betul soal plus minus jika ikut tanding pilpres yang ke sekian kalinya. Di sinilah peluang Sandi sangat mungkin bisa diusung Gerindra,” ujarnya.

Lebih lanjut, Adi juga menilai Sandiaga bisa menyatukan dua kubu yang berbeda. Yaitu kelompok Islam dan kelompok nasionalis. “Sandi sangat mungkin bisa menyatukan dua kutub Islam dan nasionalis,” katanya.

Menurut Adi, Sandiaga Uno juga berpeluang meraup banyak pemilih. Menurutnya, Sandiaga sangat cocok bila dipasangkan dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sebagai calon wakil presiden. “Sandi sangat berpeluang dan sangat cocok jika berpasangan dengan Ganjar misalnya,” sebut dia.

Oleh sebab itu, Adi menilai peluang Sandiaga untuk maju sebagai calon presiden di 2024 sangat terbuka lebar. Peluang Sandi, kata dia, lebih terbuka dibanding beberapa tokoh lainnya. “Sangat terbuka lebar. Dibandingkan Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), peluang Sandi jauh lebih terbuka,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, ada tujuh alasan Forum Ijtima Ulama dan Pemuda Islam Indonesia mendukung Sandiaga untuk mencalonkan diri menjadi capres periode 2024-2029. Alasan pertama adalah Sandiaga dikenal sebagai sosok yang agamais dan dinilai punya rasa kepedulian terhadap umat beragama.

“Sandiaga tidak pernah melontarkan ujaran kebencian terhadap agama lain. Sandiaga hampir selalu menyempatkan diri hadir di berbagai agenda besar yang dihelat oleh organisasi islam di Indonesia,” ujar Ketua Pelaksana Ijtima Ulama dan Pemuda Islam Indonesia, Arief Fahrudin, dalam Forum Deklarasi Ijtima Ulama dan Pemuda Islam Indonesia Mendukung Sandiaga Uno Capres 2024-2029, di Cipinang, Jakarta Timur, Selasa (9/11/2021) lalu. (****)

ADVERTISEMENT