Sebelum Ganti Kelamin, Lucinta Luna Bernama Muh Fatah, Yuk Intip di SINI Kisahnya

741
instagram @lucintaluna. ©2019 Merdeka.com

JAKARTA–Identitas seutuhnya Lucinta Luna (LL) akhirnya terungkap usai terjerat kasus narkoba. Padahal sebelumnya, ia pernah membuat sayembara untuk membuktikan dirinya seorang perempuan tulen.

Dua tahun lalu, Lucinta sempat menantang netizen Rp1 M, karena dirinya merasa perempuan seutuhnya. Ia sampai membeberkan akta kelahirannya.

“Kutantang kau yahh 1 miliar. Lumayan buat bagi2 anak yatim. Hey andah jgn apus atau ganti akun andah @tyonlineshophollic,” tulis Lucinta dalam background foto akta kelahirannya, pada Januari 2018.

Tak lama setelah memposting itu, Lucinta Luna baru sadar bahwa netizen itu berakun palsu. Ia pun langsung menghapus postingan foto akta tersebut. “Pantesan akun bodong. Bala micin banyak banget sih kepoin kegiatanku,” kata Lucinta Luna lagi.

Kini status jenis kelamin Lucinta Luna terungkap. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, di Polres Jakarta Barat memberikan jawaban soal status jenis kelamin Lucinta Luna.

“Juga banyak dari teman-teman media, LL adalah salah satu public figure sudah tahu semua. Bahkan dengan bercanda kira-kira nanti masuk sel mana? Di dalam KTP tertera yang bersangkutan adalah perempuan, paspornya berstatus laki-laki,” kata Yusri Yunus di Polres Jakarta Barat, Kamis (13/2/2020), dilansir KORAN SERUYA dari detikcom.

Dalam press release dari Polres Jakarta Barat dalam kasus narkoba yang menjerat Lucinta Luna, tertulis bahwa Lucinta lahir pada tanggal 16 Juni 1989 dari pernikahan antara Bapak Muntoha dan Ibu Djoneha. Ia awalnya terlahir sebagai anak laki-laki bernama Muhammad Fatah sesuai dengan akta kelahiran nomor 3174-LT-16122019-0088, yang dikeluarkan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Sejak berusia 5 tahun, Muhammad Fatah sudah berperilaku seperti perempuan hingga dewasa. Muhammad Fatah pun lebih nyaman sebagai perempuan.

Hingga pada tanggal 24 April 2016, Muhammad Fatah memutuskan untuk melakukan operasi ganti kelamin, dari laki-laki menjadi perempuan di Rumah Sakit Rajyindee Thailand. Berdasarkan Certificated by Attending Doctor (Surat Keterangan Dokter) dari Rumah Sakit Rajyindee Thailand, tersangka didiagnosa mengidap penyakit jenis kelamin Dysphoria atau lebih dikenal dengan sebutan transgender.

Pada tanggal 22 November 2019, Muhammad Fatah mengajukan permohonan ganti kelamin dari laki-laki menjadi perempuan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang terdaftar di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada tanggal 26 November 2019 dengan nomor registrasi: 1230/Pdt.P/2019/PN.Jkt.Sel.

PN Jaksel kemudian mengabulkan permohonan Muhammad Fatah berganti jenis kelamin laki-laki jadi perempuan dan nama menjadi Ayluna Putri yang sekarang dikenal Lucinta Luna.

Sementara itu, Lucinta Luna menangis saat dirilis oleh Polres Jakarta Barat karena kasus psikotropika yang menjeratnya. Di situ, ia blak-blakan soal alasan memakai obat-obatan terlarang tersebut.

Lucinta mengaku mendapat tekanan luar biasa. Entah apa penyebabnya hingga ia tak mengungkap lebih rinci penjelasan tersebut. Dari situ, Lucinta Luna melakukan kesalahan fatal. Pelariannya justru ke psikotropika yang kini membuatnya merugi.

“Dengan tekanan saya, batin saya seperti ini, saya melakukan kesalahan yang sangat fatal yang merugikan diri sendiri,” ujarnya.

Di sisi lain, bintang film ‘Briedzilla’ itu bersyukur polisi mengamankannya. Sebab, ia bisa mengambil pelajaran dari kasus yang dialaminya. “Terima kasih Pak kepolisian Polres Jakarta Barat sudah menangkap saya, semoga saya bisa menembus dosa dan menyesali apa yang saya lakukan,” tuturnya.

Lucinta Luna ditangkap di Apartemen Thamrin City. Ia kini sudah ditetapkan sebagai tersangka karena positif menggunakan psikotropika jenis benzo. Kekasih perempuannya, Abash, juga diamankan bersama Lucinta. Namun, ia negatif soal narkoba. (*/tari)