Sejumlah Proyek di Bidang Bina Marga PUPR Palopo Sudah Dekati 100 Persen

301

PALOPO — Tahun Anggaran 2019 tak lama lagi tutup buku. Sejumlah proyek dalam TA 2019 utamanya yang ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) tak lama lagi akan berakhir.  Seperti yang ada di Bidang Bina Marga PUPR kota Palopo.

Kepala Dinas PUPR Palopo Anshar Dachri melalui Kepala Bidang Bina Marga, Ibnu Rus mengatakan, dari dua paket proyek yang ada, beberapa penanganan proyek peningkatan dan pemeliharaan ruas jalan diantaranya sudah selesai 100%.

“Rata-rata sudah ada yang selesai, khususnya Peningkatan & Pemeliharaan Berkala Jalan Paket 7 dan 8, bersumber dari dana alokasi umum (DAU) dengan nilai pagu Rp3.451.621.000 untuk paket 8 dan untuk paket 7 nominalnya Rp3.548.379.000,” terang Ibnu Rus didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dua paket proyek tersebut, Abdul Haris ST.

“Untuk progressnya hingga saat ini per 17 Desember, paket 7 mencapai 80% (deviasi 20%) yang dikerjakan PT. Anugerah Pratama Konstruksi, sedangkan untuk paket 8 rata-rata 70% dikerjakan oleh PT. Star Mitra Sulawesi,” ucapnya, Selasa (17/12).

Dinas PUPR Palopo mengupayakan agar semua paket yang dikerjakan di 2019 bisa selesai tepat waktu, kecuali jika ada hal-hal khusus, maka solusinya pada addendum waktu, mengingat kendala-kendala yang dihadapi pihak rekanan selain cuaca juga pengadaan material khusus yang harus didatangkan dari luar kota Palopo, ungkap Ibnu Rus.

“Ada item yang bobotnya tinggi, jika itu dikerjakan maka langsung selesai, kedua paket ini jatuh tempo (selesai) pada hari Minggu 29 Desember 2019 mendatang,” katanya.

Berikut data paket proyek di TA 2019 untuk dua paket tersebut:

 Peningkatan & Pemeliharaan Berkala Jalan Paket 7

–       Pengaspalan/Lapis Ulang Jalan Pelanduk (Eks. Jl. Lemo-Lemo)

–       Pengaspalan/ Pelebaran Jalan Beruang

–       Pelebaran dan Penimbunan Jalan Lingkar Timur

–       Jalan Domba

–       Jalan Beruang

–       Jalan Dahlia I, II, III, da IV

–       Jalan Perum. Permata Benteng VIII

–       Jalan Pari

–       Jalan Kalimantan

–       Jalan Irian

Peningkatan & Pemeliharaan Berkala Jalan Paket 8:

Lapis Ulang/Pengaspalan JalanTeluk Bone

Pengaspalan Jalan Dg. Mangile III

Pengaspalan Jalan Benteng Raya

Pengaspalan Jalan Imbara II

Pengaspalan Jalan Imbara IV

Pengaspalan Jalan Villa Permata Mutiara

Pengaspalan Jalan Yogie S. Memet IV

Pengaspalan Jalan Poros Salakka-Bakka (Lanjutan).

(Iys)