Selamat Bertugas Mayjen Totok di Sulsel, Andi Sudirman: Pangdam XIV Hasanuddin Selalu Hadir Dukung Pemprov

46
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, bersama Pangdam XIV Hasanuddin yang baru, Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.IP., S.Sos., M.Tr dan mantan Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H, di acara lepas sambut. (ft/ist)
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Mayot Jenderal (Mayjen) TNI Totok Imam Santoso kini menjabat sebagai Pangdam XIV/Hasanuddin. Totok menggantikan Mayjen TNI Andi Muhammad yang dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan, Pangdam XIV Hasanuddin selama ini senantiasa hadir dalam mendukung Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Sulsel.

ADVERTISEMENT

Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan hal tersebut saat menghadiri acara lepas sambut Pangdam XIV Hasanuddin di Balai Prajurit Jenderal M Yusuf, Senin, 5 September 2022 lalu. Lepas sambut ini dari pejabat lama Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H. Kepada Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.IP., S.Sos., M.Tr sebagai Pangdam XIV Hasanuddin yang baru.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, selamat datang dan selamat bertugas kepada Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Bapak Mayor Jenderal TNI, Dr. H. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. beserta ibu Ny. Desi Totok Imam Santoso,” ungkap Andi Sudirman.

“Pemprov Sulsel dan Kodam XIV Hasanuddin terus bersinergi dan berkolaborasi dalam menjaga keamanan, ketertiban dan menjalankan program pemerintahan di Sulsel. Kita pun berharap semoga TNI selalu menjaga koordinasi, komunikasi dan sinergitas terus terjalin bersama Pemprov Sulsel untuk masyarakat, bangsa, dan negara,” tuturnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki yang kini sebagai Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

“Serta ucapan terima kasih dan penghargaan setingi-tingginya kepada Bapak Mayor Jenderal TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mapanyukki, S.H., M.H. atas dedikasi dan pengabdiannya yang telah menciptakan banyak transformasi positif, khususnya dalam fungsi pertahanan di Sulawesi Selatan,” ucapnya.

Sementara itu, Pangdam XIV Hasanuddin, Totok Imam Santoso, mengaku siap bersinergi bersama jajaran Pemerintah, Forkopimda, di lingkup Kodam XIV Hasanuddin yakni Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara.

“Pada kesempatan ini, kita melaunching slogan Kodam XIV Hasanuddin yakni 6K dihati kita. 6K yaitu karakter, kapabel, kontemporer, kompak, kesemestaan, dan kerakyatan,” sebutnya.

Diketahui, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk Mayjen TNI Totok Imam Santoso sebagai Pangdam XIV/Hasanuddin. Totok menggantikan Mayjen TNI Andi Muhammad yang dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Sebelumnya, Totok diketahui menjabat sebagai Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Danpussernarmed Kodiklatad). Dia memiliki pengalaman dalam dalam bidang Artileri Medan. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini yakni Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan.

Totok juga merupakan seorang Perwira Tinggi andalan TNI yang berandil besar dalam terciptanya 450 jabatan baru untuk Kolonel, dan 300 jabatan baru Perwira Tinggi dalam tubuh Tentara Nasional Indonesia. Begitupun dalam kemampuan Karya Tulis Militer, sering kali Totok menjuarai Lomba Karya Tulis Militer yang diadakan Sesko TNI.

Dan prestasinya semakin mentereng saat mengambil program doktoral ini. Totok Imam Santoso menulis disertasi berjudul Komunikasi Instruksional di Lembaga Pendidikan Menuju Center of Exelence di Studi Kasus di Lemdik Akademi Militer Magelang. (liq)

ADVERTISEMENT