Seleksi Direksi PDAM Lutim Diminta Transparan, Alpian: Sebaiknya Dipimpin Orang Berpengalaman Agar Bisa Majukan Pdam

317
ADVERTISEMENT

MALILI – Tahap seleksi calon Direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Waemami Kabupaten Luwu Timur (Lutim) mulai memasuki tahapan Ujian Kelayakan dan Kepatutan (UKK) yang akan di laksanakan di Makassar pada 15-16 Desember mendatang.

Calon Direksi PDAM Waemami Luwu Timur, ada tiga calon yang akan mengikuti seleksi UKK, setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi. Diantaranya, Andi Maryam, H. Yasir dan Makmur.

ADVERTISEMENT

Keputusan itu berdasarkan surat pengumuman Nomor: 03/PANSEL.PAM-WM/2021 yang ditandatangani ketua panitia seleksi direksi PDAM Waemami, Senfry Oktavianus, tertanggal 13 Desember 2021 kemarin.

Terkait ketiga calon ini, Anggota Komisi III DPRD Luwu Timur, Alpian Alwi berharap agar PDAM Waemami harus dikelolah oleh orang-orang yang benar ahli di bidangnya.

Sebab kata Fraksi Hanura ini, PDAM Waemami bisa memberikan pelayanan yang terbaik dan dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“PDAM Waemami harus dikelola oleh orang-orang yang ahli di bidangnya. Karena salah satu harapan Pemerintah bagaimana bisa PDAM nantinya bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan atau masyarakat setelah itu juga dapat menambah PAD,” Jelas Alpian Alwi, Selasa (14/12/2021).

Jika memang belum bisa memberikan pendapatan bagi daerah. Setidaknya PDAM yang akan di pimpin oleh orang yang betul-betul ahli di bidang ini bisa membiayai operasional dan penggajian karyawan PDAM. “Setidaknya sudah bisa menghidupi dirinya sendiri sehingga tidak menjadi beban anggaran daerah,” Harapnya.

Sebab hingga hari ini, lanjut Alpian, keluhan masyarakat terhadap pelayanan PDAM masih kurang memuaskan termasuk kualitas air minum yang dinilai belum layak dikonsumsi oleh masyarakat karena warna air terkadang kecoklatan.

Maka dari itu, dalam proses seleksi Direksi PDAM harus dilakukan secara terbuka dan transparan. Sehingga calon yang dipilih nantinya betul-betul orang yang memiliki kemampuan dalam manajemen pengelolaan air dan sudah memiliki pengalaman tentang pengelolaan air.

Bahkan kata Anggota Komisi III DPRD Luwu Timur ini, selain berpengalaman, calon direksi memiliki jaringan luas hingga tingkat nasional agar bisa mengembangkan PDAM terkait investasi PDAM nantinya.

Dari informasi yang diperoleh, ketiga calon ini semuanya memiliki latar belakang di dunia pengelolaan air bersih.

Andi Maryam, Diketahui pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan PDAM Kota Palopo, H. Yasir juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PDAM Palopo selama 2 periode. Begitu pun dengan Makmur pernah menjabat sebagai Kasubag Produksi di PDAM Palopo, dan saat ini tercatat di PDAM Waemami Luwu Timur sebagai staf teknik. (Rah)

ADVERTISEMENT