Serahkan Bantuan Alsintan ke Poktan, Bupati Luwu Utara : Rawat, Jangan Jadikan Seperti Sapi Perah

39
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menjajal alsintan berupa traktor roda empat mengelilingi pelataran parkir kantor Bupati Luwu Utara. (Foto : Dok. Pemkab Luwu Utara)
ADVERTISEMENT

LUWU UTARA – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP) mengimbau agar kelompok tani (poktan) untuk menjaga dan merawat alat mesin pertanian (alsintan). Pesan itu dia sampaikan saat menyerahkan bantuan alsintan kepada 115 poktan Luwu Utara pelataran parkir Kantor Bupati Luwu Utara, Kamis (14/7/2022).

“Bantuan (alsintan) ini milik bersama, sehingga pemeliharaannya harus diperhatikan betul. Jangan hanya menjadikannya ibarat sapi perah yang hanya sekedar di pakai tanpa di rawat,” tegas IDP.

ADVERTISEMENT

Ia mengatakan, jika dirawat dengan baik, alsintan bisa digunakan selama minimal lima tahun, atau bahkan lebih.

“Banyak poktan yang menginginkan bantuan alsintan tetapi tidak siap menerima lantara ketidakmampuan memelihara, merawat, dan menggunakan alsintan,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

Indah menambahkan bahwa tahun ini prosesnya lebih cepat di banding tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah, tahun ini pengadaan alisintannya lebih cepat. ini merupakan bentuk komitmen pemerintah bagaimana bantuan itu bisa dengan segera di rasakan manfaatnya oleh masyarakat,”Ungkap IDP yang merupakan isteri dari Muh. Fauzi anggota DPR RI.

Kehadiran bantuan ini, merupakan upaya pemerintah untuk meringankan Beban biaya pengelolahan bagi petani, oleh sebab itu, kami berharap agar pemanfaatannya di gilir dan diatur kepada semua anggota kelompok,”Pesannya.

Dalam kesempatan itu juga, Di katakan bahwa Pemda bersama Jasindo telah menjalin kerja sama khususnya dalam asuransi pertanian dan hewan ternak yang sumber alokasinya dari Pemda.

“Melalui momentum ini, kami mengajak kepada para petani untuk mengasuransikan lahan pertaniannya, agar jika tidak di minta-minta terjadi gagal panen maka petani kita tidak mengalami kerugian lebih,”Terangnya.

Adapun bantuan alsintan yang diserahkan kepada poktan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah melalui dana (DAU,DID, dan DAK).

Bantuan terdiri dari 1 unit combine harvestrer, 1 unit rice milling unit (RMU), 2 Unit Traktor roda empat, 79 unit Traktor roda dua, 6 Unit mesin pompa air, 116 Unit hand sprayer, 1 unit corn sheller, 24 unit pembabat rumput, 24 unit cultuvator, serta 2 unit chains saw.

Usai menyerahkan bantuan, Bupati Luwu Utara menjajal alsintan berupa traktor roda empat mengelilingi pelataran parkir kantor. (***)

ADVERTISEMENT