Setahun Pimpin Luwu Timur, Bupati Budiman Gelar Syukuran dan Doa Bersama

56
Bupati Luwu Timur, H. Budimanz hari ini, Selasa 05 April 2022, genap setahun memimpin Luwu Timur sejak dilantik oleh Gubernur Sulawesi Selatan pada tanggal 05 April 2021 silam.
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Bupati Luwu Timur, H. Budiman, Selasa 05 April 2022, genap setahun memimpin Luwu Timur sejak dilantik oleh Gubernur Sulawesi Selatan pada tanggal 05 April 2021 silam.

Menandai setahun memimpin Lutim, H. Budiman menggelar acara Syukuran sekaligus doa bersama di Aula Rumah Jabatan Bupati Luwu Timur, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili. Acara syukuran dan doa bersama menghadirkan Ustadz Asgar Marzuki dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Palopo yang juga merupakan Candidate Doctoral International Islamic University Of Islamabad.

ADVERTISEMENT

Pada kesempatan tersebut, Bupati Budiman menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan semua pihak sehingga pelaksanaan pelayanan pemerintahan dan pembangunan daerah dapat berjalan seusai yang direncanakan.

Bupati mengungkapkan bahwa, selama setahun banyak hal yang telah dilakukan diantaranya Program satu miliar satu desa, sudah mulai dijalankan. “Saya berharap betul, program bantuan keuangan khusus ini dapat memberikan efek positif bagi peningkatan ekonomi dan pembangunan infrastruktur masyarakat di pedesaan,” kata Bupati H. Budiman.

ADVERTISEMENT

Di sektor pendidikan, jelas Bupati lebih lanjut, pemerintah daerah masih tetap berkomitmen memberikan bantuan beasiswa bagi Mahasiswa berprestasi dan kurang mampu. Tahun 2021 lalu, total penerima bantuan berjumlah 5.104 mahasiswa dengan total anggaran mencapai 20 miliar lebih.

Sementara disektor kesehatan, pelayanan rumah sakit satu kamar satu pasien telah terealisasi ditahun 2021 sebanyak 32 kamar dengan total anggaran mencapai 15 miliar lebih.

“Mudah-mudahan, hingga masa jabatan saya berakhir Program prioritas yang menjadi visi-misi saya dapat direalisasikan, termasuk program penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang melibatkan partisipasi Badan Usaha berupa penataan taman-taman kota yang ada di Malili yang saat ini sementara berjalan. Oleh karena itu, saya kembali mengharapkan dukungan dan kolaborasi kita semua untuk mewujudkan semua program yang telah kita rencanakan bersama,” jelas Bupati.

Selain itu, dalam setahun kepemimpinannya telah banyak capaian prestasi ditorehkan Pemkab Luwu Timur, Kendati ditengah keterbatasan dan Pandemi Covid-19 masih mampu meraih prestasi diberbagai bidang.

Capaian tersebut diantaranya Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Utama tahun 2020 dan Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama Tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Penghargaan Smart Living dalam rangka Gerakan Menuju Smart City Tahun 2021 dari Kementerian Kominfo RI, Penghargaan Keterbukaan informasi publik dari KI Sulsel, serta beberapa penghargaan lainnya.

Termasuk prestasi atas capaian Hasil Evaluasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang menunjukkan tingkat akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah Kabupaten Luwu Timur Tahun 2021 meraih predikat “B”, sementara dari sisi kemajuan pelaksanaan program Reformasi Birokrasi, hasil evaluasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menunjukkan bahwa indeks Reformasi Birokrasi Pemerintah Kabupaten Luwu Timur meraih predikat “Cc”.

“Keberhasilan pembangunan di daerah ini tidak mungkin dicapai tanpa adanya kerja keras dari segala komponen masyarakat serta di tunjang kondisi kehidupan sosial kemasyarakatan yang kondusif sehingga memungkinkan berlangsungnya segenap agenda pembangunan daerah,” ujar Bupati mengakhiri sambutannya.

Acara syukuran dan doa bersama tersebut turut dihadiri oleh Unsur Forkopimda, diantaranya Ketua dan Wakil Ketua I DPRD Luwu Timur, Aripin dan HM. Siddiq, BM, Kapolres dan Wakapolres Luwu Timur, AKBP. Silvester Mangombo Marusaha Simamora dan Kompol. Muh. Rifai, Kajari Luwu Timur, Muh. Zubair, Ketua Pengadilan Negeri Malili, Hika Deriyansi Asril Putra, Perwakilan Dandim 1403 Palopo, Presiden Direktur dan Chief Executive Officer (CEO) PT. Vale Indonesia Tbk Febriany Eddy, Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur Hj. Sufriaty Budiman.

Hadir pula Sekda Luwu Timur, H. Bahri Suli dan seluruh kepala OPD dan Camat di Lingkup Pemkab Luwu Timur serta undangan lainnya baik secara langsung maupun secara daring melalui aplikasi zoom. (hms/ikp/kominfo-sp)

ADVERTISEMENT