Tahun Ini, Perumda TM Palopo Bangun SPAM Baru Kapasitas 100 Liter dan AMDK

216
Dirut Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo, H Yasir
ADVERTISEMENT

PALOPO–Tahun 2020 ini, tepat tanggal 9 Januari 2020, Perusahaan Umum Daerah Tirta Mangkaluku (Perumda TM) Kota Palopo genap berusia 16 tahun. BUMD milik Pemkot Palopo ini akan berupaya meningkatkan layanan air bersih kepada masyarakat di daerah perkotaan hingga pelosok dengan memperluas cakupan layanan hingga 100 persen.

Namun dalam memperluas cakupan pelayanan tersebut, Dirut Perumda Kota Palopo, Yasir menyadari, tantangannya sangat besar. Namun di sisi lain, kian maju dan berkembangnya Kota Palopo, termasuk meningkatkan pembangunan rumah bersubsidi di kota ‘Idaman’ ini menuntut Perumda TM Kota Palopo harus bisa melayani masyarakat terkait penyediaan air minum yang bersih dan sehat.

ADVERTISEMENT

“Untuk tahun ini, kita akan membangun SPAM baru dengan kapasitas 100 liter per detik, sebagai upaya melayani sambungan baru ribuan warga Kota Palopo di tengah perkotaan hingga daerah pelosok,” kata Yasir dalam sambutannya selaku irup upacara HUT ke-16 Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo, Kamis (9/1/2020).

Sistem Penyediaan Air Minum atau SPAM yang dimiliki Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo, kata Yasir, tidak mampu lagi untuk melayani kebutuhan sambungan baru air minum karena kapasitas produksi sudah maksimal melayani puluhan ribu pelanggan saat ini. Sehingga, atas persetujuan Walikota Palopo, HM Judas Amir selaku kuasa pemilik modal (KPM), maka akan dibangun satu unit SPAM baru berkapasitas 100 liter per detik. “Ini masuk program prioritas kita,” kata Yasir.

ADVERTISEMENT

Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo juga akan membangun unit bisnis baru untuk meningkatkan pendapatan tahun 2020. Unit bisnis baru ini, yakni Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang saat ini dalam proses pengerjaan infrastrukturnya. “Kita harapkan, AMDK ini bisa beroperasi secepatnya, sebagai unit bisnis baru kita,” katanya.

Di sisi lain, lanjut Yasir, untuk lebih memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, atas persetujuan Dewan Pengawas, Perumda Tirta Mangkaluku juga akan membangun kantor baru di Latuppa, diatas lahan kantor yang ada saat ini. “Kondisi kantor kita sudah mulai rusak, sehingga dibutuhkan kantor yang lebih representatif melayani masyarakat,” katanya.

ADVERTISEMENT

Dalam kesempatan tersebut, Yasir juga menyinggung soal pelayanan jajarannya yang menuai sorotan pelanggan saat musim kemarau lalu. Yasir mengakui, saat kemarau panjang, debit air di sungai sumber olahan Perumda Kota Palopo, seperti Sungai Mangkaluku, Magandang, Bambalu dan Batupapan mengalami penurunan debit yang tinggi, sehingga berimplikasi terhadap menurunnya produksi air bersih olahan Perumda ini.

“Bahkan, di dua sungai sumber olahan debit menurun mencapai 80 persen, sehingga berpengaruh besar terhadap layanan air bersih kepada masyarakat. Namun, mudah-mudahan memasuki musim penghujan ini, debit air kembali normal hingga pelayanan air bersih bisa lebih baik lagi,” kata Yasir.

Dikatakan Yasir, upaya yang dilakukan pihaknya ketika produksi air bersih Perumda menurun, pihaknya mengoperasikan layanan air bersih melalui mobil tangki ke rumah pelanggan yang airnya tidak lancar. Tak hanya itu, Perumda menempuh sistem suntik pipa sebagai inovasi Perumda mengalirkan air ke rumah pelanggan secara merata di tengah krisis produksi air bersih. “Alhmadulilah, berbagai upaya kita ini bisa mengatasi masalah, meski kita akui masih banyak sorotan dan keluhan masyarakat atas layanan air bersih. Ini jadi motivasi kita untuk lebih meningkatkan layanan air bersih kepada pelanggan,” kata Yasir.

Peringatan HUT ke-16 Perumda Tirta Mangkaluku diadakan secara sederhana di internal perusahaan, Kamis (9/1/2020), kemarin. Diawali upacara bertindak sebagai irup, Dirut Perumda Tirta Mangkaluku, H. Yasir, diikuti jajaran perusahaan, termasuk dewan direksi, dewan pengawas, termasuk dharma wanita.

Hadir Ketua Dewan Pengawas Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo, H Jamaluddin Nuhung, Sekretaris Dewan Pengawas, Chaerul Baderu, serta para anggota Halim Palatte, Ardani Masmalinta, dan Jabir. Hadir juga Dewan Direksi, Dirut H Yasir, dan dua direktur bidang, yakni Direktur Umum dan Keuangan, Andi Maryam, dan Direktur Operasional, Hamid SN.

Usai upacara dilanjutkan ramah tamah dirangkaikan pemotongan nasi tumpeng oleh Dirut didampingi dewan direksi dan dewan pengawas. Dalam ramah tamah ini, Dirut Perumda Tirta Mangkaluku, H Yasir menyampaikan, bahwa anak-anak karyawan yang berprestasi di sekolah mulai tingkat SD hingga SLTA akan mendapatkan beasiswa. Bahkan, untuk tahun ini, sejumlah anak karyawan yang berprestasi berdasarkan penilaian hasil raport mendapatkan beasiswa. (tari)

ADVERTISEMENT