Tak Ada Musuh yang Abadi di Politik, Andi Rio Diusul Golkar Luwu Timur Dampingi Budiman

1206
ADVERTISEMENT

LUWU TIMUR — Istilah dalam politik tak ada teman dan musuh abadi bukanlah isapan jempol. Hal itu juga tejadi di peta perpolitikan Luwu Timur.

Golkar yang memiliki suara mayoritas di DPRD Luwu Timur mengusulkan lima calon pendamping Bupati Luwu Timur, Budiman. Dalam lima orang itu, terdapat nama Andi Rio yang tak lain lawan Budiman pada Pilkada 2020 lalu.

Selain Andi Rio, terdapat pula nama istri almarhum Thorig Husler, Puspawati Husler, anggota DPRD Sulsel Taqwa Muller, anggota DPRD Luwu Timur, Mahading, serta mantan anggota DPR-RI, Andi Fauziah Pujiwatie Hatta yang juga saudara Andi Rio.

 

Pengusulan nama tersebut ditetapkan dalam rapat pleno DPD II Partai Golkar Luwu Timur di Kawasan Puncak Indah Malili, Senin (29/11/2021).

ADVERTISEMENT

“Ini merupakan rapat perdana perihal komposisi kepengurusan partai Golkar Luwu Timur yang telah mendapatkan surat keputusan (SK) dari DPD I, kemudian dilanjutkan dengan rapat pleno pengusulan nama calon wakil bupati Luwu Timur ,” kata Ketua DPD II Partai Golkar Luwu Timur, Aripin, dikutip dari Lutimterkini.

Lima nama tersebut selanjutnya akan dikirim ke DPD I dan DPP untuk ditetapkan satu orang yang menjadi usungan partai Golkar.

ADVERTISEMENT

Pada Pilkada Luwu Timur 2020, Golkar merupakan pengusung pasangan HM Thorig Husler-Budiman. Mereka mempunyai koalisi gendut di DPRD Luwu Timur dengan Golkar sebagai pemegang suara terbanyak.

Sementara lawannya saat itu ialah Irwan Bachri Syam-Andi Rio yang diusung Nasdem dan Demokrat. Husler-Budiman akhirnya berhasil unggul dari lawannya.

Namun, sebelum dilantik jadi Bupati, Thorig Husler meninggal dunia karena sakit yang dideritanya. Secara otomatis, pucuk pimpinan tertinggi di Bumi Batara Guru dijabat Budiman.

Masuknya, nama Andi Rio sebagai calon pendamping Budiman yang diusul Golkar disebut-sebut karena pengaruh dari sang ayah Mantan Bupati Luwu Timur yang juga Anggota DPRD Sulsel, Andi Hatta Marakarma.

Informasi yang dihimpun, Andi Rio telah bergabung dengan Partai Golkar dan menjabat sebagai sekretaris Golkar Luwu Timur. (liq)

ADVERTISEMENT