Tertinggal di Babak Pertama, Pra Porprov Palopo Akhirnya Taklukkan PS Saputra Salutubu 5-3

298
Sang Pencetak gol, Rajib dan Ricky Mainata (atas), Tim Pra Porprov Palopo (bawah) dan Rajib (kanan). (Foto: Koran Seruya)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Laga uji coba ketiga dilakoni anak-anak Pra Porprov Palopo, kali ini di Desa Salutubu Walenrang Utara kabupaten Luwu, Minggu 25 Juli 2021.

Di lapangan fenomenal itu, Tim Pra Porprov Palopo dijamu oleh PS Saputra Salutubu yang berkostum Sawerigading Old Star.

ADVERTISEMENT

Ricky Mainata-Muhammad Peby Riswanto dkk nyaris keok, lantaran di babak pertama sempat tertinggal 1-2 dari tuan rumah PS Saputra.

Beruntung, tim besutan Anton Samba itu memiliki mental baja, bahkan mental juara.

ADVERTISEMENT

Skor akhir 5-3 membuat Pra Porprov Palopo akhirnya bernafas lega. Dalam laga ini, Rajib mengukir 2 gol, sedangkan Ricky Mainata sukses mengemas hatrick alias 3 gol.

Gol Asdar di menit ke 10 membuat kaget barisan pertahanan Palopo yang dikawal Ikra dan kawan-kawan.

ADVERTISEMENT

Kemelut di area kotak penalti anak-anak Palopo membuahkan gol bagi PS Saputra yang diciptakan oleh Asdar.

Ketinggalan 0-1 tak membuat tim besutan Anton Samba patah semangat.
Hasilnya, Rajib berhasil mencetak gol dari jantung pertahanan anak-anak Salutubu.
Sontekan Rajib yang melakukan aksi individu berhasil memperdaya pemain belakang Saputra, dengan cerdik ia melakukan sontekan yang memperdaya kiper lawannya yang agak maju ke depan. Sontekan berkelas Rajib mengingatkan kita aksi Maradona asal Argentina. Bola lambung sontekan remaja kelahiran 24 November 2000 itu tak bisa dijangkau kiper Resky Jafar.

Jelang berakhirnya babak kedua, kembali lagi Adda sapaan akrab Asdar sukses merobek jala Muh Mahensyah dari serangan yang dibangun Resky Babong dkk.

Skor 2-1 bagi keunggulan PS Saputra bertahan hingga wasit Awaluddin meniup peluit panjangnya pertanda babak pertama telah usai.

Di babak kedua, berkat perubahan pola yang diterapkan sang juru taktik Pra Porprov Palopo, 4 gol tercipta.

Gol tambahan di babak kedua ini dilesakkan oleh Rajib dan tiga gol Ricky Mainata yang kesemuanya lahir lewat kaki emas pemain Liga 3 itu.

Gol ketiga bagi Pra Porprov Palopo yang dicetak Ricky Mainata berawal dari kesalahan gelandang PS Saputra serta kecerdikan seorang Ricky Mainata pemain yang banyak diincar sejumlah klub di Liga 3.

Bola yang direbut Ricky dari tengah pertahanan lawan, digocek sedikit, melewati dua stopper Salutubu, posisi kiper Resky Jafar yang agak maju membuat Ricky melakukan shooting ke gawang di tiang jauh kanan, tak mampu dijangkau kiper lawan, goooooool…. Skorpun berubah menjadi 3-2 bagi keunggulan Pra Porprov Palopo.

Sementara, gol kedua yang diciptakan Ricky assist dari Rajib dengan bola long dari tengah lapangan ke depan, muncul Ricky tiba-tiba melewati Manto stopper PS Saputra, dengan kaki kanannya Ricky melakukan tendangan first time, bola umpan panjang Rajib belum jatuh menyentuh tanah disikat Ricky, membuat jala Japa, sapaan akrab kiper PS Salutubu itu kembali bergetar.

Dan gol ketiga Ricky lagi-lagi akibat kesalahan pemain belakang anak-anak Salutubu.

Assist Rajib lewat thru pass, disambut Ricky yang memasuki kotak penalti lawan, dan langsung menusuk lewat aksi individu yang cantik, melepaskan tembakan membuat jaring Saputra kembali robek.

Tim Pra Porprov Palopo berkostum Gaspa 1958 didampingi ketua Askot PSSI Palopo dr Abdul Syukur Kuddus (ASK) saat try out di Desa Salutubu Luwu, Minggu (25/7) kemarin bersama official team. (Foto: Iccank/Koran Seruya)

PS Saputra memperkecil kekalahan lewat gol wingernya, Hilal.

Laga berakhir dengan skor 5-3 usai wasit yang dipimpin Awaluddin meniup peluit panjang.

Bagi Juru Racik Pra Porprov Palopo, Anton Samba kemenangan ini ditandai dengan suatu kesyukuran, sekaligus warning bagi pemain untuk selalu tidak mudah puas.

“Syukur Alhamdulillah, laga ujicoba kali ini anak-anak kami dapat lawan yang sangat baik. Kekuatan hampir berimbang karena PS Saputra didominasi pemain eks Gaspa dan Palopo United di Liga 3 lalu. Anak-anak sudah mulai kompak, chemistry udah mulai bagus,” ujar Anton.

Satu-satunya yang menjadi catatan Anton Samba adalah lini pertahanan timnya.
“Tadi kita kebobolan 3 gol, artinya ini catatan bagi kami untuk memperbaiki lini belakang,” ucapnya.

Ia juga bilang: “dari segi endurance dan strength, lumayan cukup baik, anak-anak sudah ada peningkatan dibanding partai ujicoba sebelumnya, sisa speed yang belum maksimal.”

PS Saputra Salutubu digawangi eks pemain top di Liga 3, diantaranya M Fadly (Owen), Armanto, Rahim Masdul, Resky Jafar, Rizky Babong dkk, serta Muh Arham Darmawan calon Timnas U-16 asal Lutra. (Foto: Iccank/Koran Seruya)

Sedangkan ketua Askot PSSI Palopo dr Abdul Syukur Kuddus merasa takjub anak-anaknya mampu mengemas lima gol meski juga sempat kebobolan 3 gol.

“Pertandingan yang luar biasa, saya selalu tekankan bahwa menang-kalah kita tak boleh merasa puas, tapi terus berevolusi, menjadi lebih baik lagi, evaluasi penting, supaya kelemahan kita bisa terus diperbaiki, dan yang sudah baik agar dipertahankan, skor 5-3 ini sangat baik, salut buat adik-adik kita ini,” ulasnya.

Diketahui, tim Pra Porprov Palopo baru akan melakoni pertandingan di Grup 6 bersama Tim Luwu Timur dan Toraja Utara pada akhir Agustus mendatang.

Situasi kota Makassar yang dinyatakan zona merah dan harus PPKM Level 4 membuat Asprov PSSI Sulsel menjadwal ulang pertandingan di grup tersebut, setelah calon tuan rumah Luwu Timur mengundurkan diri dengan berbagai pertimbangan yang berkaitan dengan Pandemi Covid-19.

(*)

ADVERTISEMENT