Upaya Wujudkan Kembali Kejayaan Kakao, Ini yang Dilakukan Pemkab Luwu Utara

53
Sosialisasi Program Active (advancing Cocoa Agroforestry towords income, Value and envioental sustainability), Kamis (21/07/2022). (Foto : Dok. Pemkab Luwu Utara)
ADVERTISEMENT

LUTRA – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani membuka kegiatan Sosialisasi Program Active (advancing Cocoa Agroforestry towords income, Value and envioental sustainability), Kamis (21/07/2022).

Kepala Bappelitbangda Kabupaten Luwu Utara Alauddin Sukri dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini bertunjuan untuk Memperkenalkan program dan rencana kerja ACTIVE di Kabupaten Luwu Utara.

ADVERTISEMENT

Alauddin sukri juga menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan Pemahaman program ACTIVE kepada pemerintah daerah Instansi terkait dan stakeholder kakao lainnya khususnya di level kabupaten

Direktur Kehutanan dan Sumber daya air kementerian perencanaan pembangunan nasional, Nur Hygiawati Rahayu dalam sambutannya menyampaikan Bagaimana bisa memastikan ini berjalan dengan baik yang merupakan salah satu pembanguan berkelanjutan.

ADVERTISEMENT

“Kami selalu membuka diri jika ada hal yang ingin ditanyakan segera koordinasikan ke kami di Bappenas, bersama – sama berkolaborasi membangun kegiatan ini semoga bisa tercapai sesuai harapan dan keinginan kita,” katanya.

Sementara itu Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan secara X please eat wujud kolaborasi dan komitmen ini tertuang kan dalam peta jalan kakao berkelanjutan yang sedang disusun bersama di Kabupaten Luwu utara dalam program Sustainable Farming system in Asia Tropical Landscapes (SFITAL)

Indah Putri juga menambahkan bahwa Upaya ini merupakan suatu kerjasama berbagai pihak untuk mendukung dan berkomitmen dalam upaya mengembalikan kejayaan kakao di Luwu Utara untuk itu diperlukan adanya peran antara para pihak untuk mencapai kakao Lestari rakyat sejahtera di bumi luwu Utara

“Terima kasih atas Inisiatif berbagai pihak dalam selalu mendukung pembangunan di Luwu Utara. Kabupaten luwu utara saat ini sedang melakukan pembangunan di berbagai sektor dengan menempatkan masyarakat sebagai subyek pembangunan, hal ini tentu tidak akan mudah dengan kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak tidak dilakukan,” tambah Bupati Perempuan Pertama di Sulawesi Selatan.

Pemerintah Kabupaten Luwu utara berkomitmen untuk mengembalikan kejayaan kakao di Luwu utara upaya ini selaras dengan program unggulan BISA bersaing yakni peningkatan daya saing daerah meliputi pengembangan padi sawah berkelanjutan, Sagu abadi, kakao kelestarian dan kopi berkualitas.

“Besar harapan saya dengan program ACTIVE dapat mentrasformasi praktik kakao saat ini dalam menjawab kebutuhan di masa depan, ada upaya komprehensif yang dirancang untuk mengatasi hambatan yang umumnya dihadapi oleh petani petani kakao untuk mencapai pendapatan hidup layak,” ujarnya.

Pertanian merupakan sumber Penghidupan bagi masyarakat di Kabupaten luwu utara budidaya pertanian adalah praktik yang sudah lama dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat dan sebagian dari hasil pertanian diperdagangkan untuk kebutuhan lain, perubahan dalam konsumsi pangan secara global telah mendorong Transformasi praktik pertanian, Tambah Bupati Luwu Utara

Turut hadir pada kegiatan Tersebut Wakil Bupati Luwu Utara Suaib Mansur, Director USAID Mark Newton, PT MARS HUB MANAGER LLUWU UTARA A. Amiruddin, Chief of Party (COP) Program ACTIVE Reslian Pardede. (***)

ADVERTISEMENT