Usai Salat Jumat, Husler-Budiman Mendaftar Diantar Puluhan Ribu Massa

479
ADVERTISEMENT

MALILI–Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka resmi pendaftaran bakal pasangan calon kepala daerah yang akan maju bertarung pada Pilkada 2020, mulai Jumat hari ini, 4 September hingga 6 September. Dua KPU di Luwu Raya, yakni KPU Luwu Utara dan Luwu Timur termasuk diantara 12 KPU se Sulsel membuka pendaftaran ini.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Khusus di Luwu Utara, sesuai persuratan pasangan bakal calon yang akan mendaftar ke KPU setempat, pasangan Arsyad Kasmar-Andi Sukma telah menyampaikan ke KPU akan mendaftar tanggal 5 September, Sabtu besok. AKAS, begitu akronim duet Arsyad-Andi Sukma akan mendaftar pertama kali, dari dua pasangan calon lainnya.

Menariknya, pasangan incumbent, Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN) dan penantangnya, Muh Thahar Rum-Andi Sukma memilih mendaftar di hari yang sama, yakni Minggu, 6 September.

Anggota KPU Lutra Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Hayu Vandy, membenarkan jika tiga pasangan bakal calon yang akan maju Pilkada Lutra, telah bersurat ke KPU menyampaikan rencana tanggal pendaftarannya.

ADVERTISEMENT

“Sesuai persuratan ke KPU, Arsyad Kasmar dan Andi Sukma akan mendaftar pada tanggal 5, sementara Indah Putri Indriani dan Suaib Mansur akan melakukan pendaftaran bersamaan dengan pasangan Muh Thahar Rum dan Rahmat Laguni pada tanggal 6 September,” jelas Hayu kepada KORAN SERUYA di kantornya, kemarin.

Dengan demikian, kata dia, di hari pertama pendaftaran, tanggal 4 September, tidak ada pasangan bakal calon mendaftar. “Untuk pendaftaran ini, khusus hari pertama dan kedua, 4-5 September, dibuka mulai pukul 08:00 hingga Pukul 16:00, sedangkan di hari terakhir, 6 September dimulai dari pukul 08:00 hingga pukul 23:00 Wita. Lewat dari waktu yang ditetapkan KPU, pendaftar tidak akan diterima,” katanya.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Sementara itu, dua pasangan bakal calon kepala daerah yang akan maju di Pilkada Lutim 2020, juga telah bersurat ke KPU setempat. Petahana Bupati Luwu Timur, HM Thoriq Husler yang berpasangan dengan Budiman Hakim memilih mendaftar di hari pertama, Jumat, 4 September. Sebaliknya, penantang incumbent, Irwan Bachry Syam-Andi Muh Rio Pattiwiri (Ibas-Rio) memilih mendaftar di hari kedua, Sabtu, 5 September.

Komisioner Divisi Teknis KPU Lutim, Muh Abu mengatakan, dua pasangan bakal calon telah menyampaikan persuratan ke KPU setempat, mengenai waktu pendaftarannya. “Kami siap menerima pendaftaran pasangan bakal calon, karena kami membuka pendaftaran mulai 4-6 September,” katanya.

Dikatakan, saat pendaftaran pasangan bakal calon kepala daerah, ketua dan sekretaris parpol pengusung wajib hadir bersama bakal calon. “Kemudian pada saat pendaftaran yang diperbolehkan mendampingi paslon adalah ketua dan sekretsris parpol serta LO,” katanya.

Juru Bicara (Jubir) Husler-Budiman, Wulan Safitri, mengakui jika jagoannya akan mendaftar di hari pertama pendaftaran dibuka KPU. Dikatakan, jika alasan Husler-Budiman mendaftar di hari Jumat sebagai hari yang diberkahi. “InsyaAllah, Jumat penuh berkah. Pak Husler-Budiman akan mendaftar ke KPU usai salat Jumat, sekitar pukul 14:00 Wita,” katanya.

Saat mendatangi Kantor KPU, Wulan menyebut jika Husler-Budiman akan diantar puluhan ribu massa pendukungnya. “Kami memperkirakan ada puluhan ribuan massa yang akan mengantar pasangan MTH-Budiman ke KPU untuk melakukan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur,” kata Wulan.

Meski diperkirakan ada puluhan ribu massa yang akan mengantar pasangan MTH-Budiman tetapi hanya beberapa saja yang akan mendampingi pasangan ini masuk ke Kantor KPU. “Yang masuk mendampingi mendaftar ke KPU itu LO, Ketua Partai Koalisi, Tokoh Masyarakat, dan perwakilan tim 2 orang,” bebernya.

Sebelum menuju ke kantor KPU, kata Wulan, nantinya akan berkumpul di Lapangan Merdeka, Kelurahan Puncak Indah, Kecamatan Malili. “Start awal dari rumah pribadi Pak Husler dan titik kumpul di Lapangan Merdeka,” ungkapnya.

Sementara itu, Jubir Ibas-Rio, Muhammad Ayyub mengatakan tidak ada pertimbangan khusus Ibas-Rio mendaftar pada Sabtu, 5 September. “Intinya, semua hari sama, tidak ada yang istimewa,” katanya. (rah/iys)

ADVERTISEMENT