Utak-Atik Pendamping Indah-Husler di Pilkada 2020 di Pusaran ‘Beringin’

735
Edisi cetak KORAN SERUYA Jumat, 8 November 2019

MASAMBA–Bupati Luwu Utara (Lutra), Indah Putri Indriani, dan Bupati Luwu Timur (Lutim), Thoriq Husler akan mengendarai Partai Golkar maju
Pilkada 2020 mendatang.

Kini, baik Indah dan Husler sama-sama mulai melirik kandidat yang akan mendampinginya. Keduanya punya keinginan khusus pada parpol pengusungnya agar
tidak didikte dalam menentukan pendampingnya untuk bertarung di pesta demokrasi lima tahunan. Mereka berharap diberikan kewenangan penuh untuk mengambil figur yang tepat.

Indah misalnya, berharap posisi wakil bupati harus benar-benar diambil dari orang yang secara pribadi memang menginginkan tempat itu. Bukan, memaksakan figur yang secara psikologi justru mengincar kursi kosong satu.

“Karena tentu persepsinya akan berbeda, orang yang siap jadi bupati kayaknya agak sulit untuk menyesuaikan diri jadi wakil bupati,” kata Indah usai menjalani tes wawancara di DPD I Partai Golkar.

Mantan Ketua Gerindra Lutra ini juga mengaku, ada hal yang harus dipertimbangkan untuk memilih seorang wakil. Sebab, jika tak siap di posisi tersebut, apalagi kalau terkesan dipaksakan, maka kemungkinan besar sulit bekerja sama di pemerintahan.

Sejauh ini, Indah mengaku tengah fokus menjajaki sejumlah kandidat yang akan dijadikannya calon wakilnya. Hanya saja, Indah belum mau menyebut nama. Dia hanya mengatakan, dirinya menyiapkan strategi baru menghadapi Pilkada Lutra demi memenangkan pesta demokrasi lima tahunan di Lutra, tentunya bersama calon wakil yang tepat

Menariknya, Indah mengisyaratkan jika dirinya tidak lagi akan berduet dengan wakilnya saat ini, Thahar Rum. “Ada beberapa, tetapi belum final. Akan ada saatnya dibuka ke publik,” ujar Indah.

Meski Indah enggan menyebut nama, tampaknya nama Suaib Mansyur disebut sebut memiliki kans besar mendampingi Indah. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Lutra itu juga telah menjalani tes wawancara di DPD I Golkar Sulsel. Dia juga tercatat sebagai satu-satunya kandidat yang melamar sebagai calon wakil bupati.

Nama Suaib Mansyur mencuat di DPD I Partai Golkar Sulsel. Bahkan saat tes wawancara, Indah juga dikabarkan membuat simulasi calon wakilnya adalah Suaib Mansyur.

“Iya, nama Suaib Mansyur ikut disimulasikan Ibu Indah sebagai calon wakilnya,” ujar Ketua Tim 9 Penjaringan Calon Kepala Daerah Partai Golkar Sulsel, Kadir Halid di Sekretariat DPD I Partai Golkar, Rabu (06/11/2019) lalu.

Namun, Kadir Halid menegaskan, nama Suaib Mansyur masih belum final. Sebab, dalam survei bakal pendamping usungan Golkar di Lutra, ada beberapa nama yang ikut disurvei, termasuk Suiab Mansyur. Kandidat yang disurvei berasal dari berbagai kalangan, mulai dari Politisi, birokrat hingga pengusaha.

Berbeda dengan Indah, incumbent di Pilkada Lutim, HM Thoriq Husler menyebut ada 9 nama bakal calon wakilnya yang telah disimulasikan di DPD I Partai Golkar Sulsel. Sembilan nama tersebut juga ikut disurvei.

Di antaranya, Irwan Bachry Syam (Ibas) yang saat ini menjabat Wakil Bupati Lutim, termasuk mantan Anggota DPR RI, Andi Fauzia Pujiwati Hatta atau yang akrab disapa Andi Ichi.

Ada juga nama Ketua DPRD Lutim dua periode, Amran Syam, fungsionaris Golkar Sulsel Andi Waris Halid, termasuk Plt Ketua Golkar Luwu, Majid Tahir. “Ada 9 nama, masih dalam tahap survei,” ujar Husler usai menjalani tes wawancara di DPD I Partai Golkar, baru-baru ini.

Namun, dari 9 nama yang ikut disurvei, nama Andi Ichi– begitu Andi Fauzia Pujiwatie Hatta akrab disapa– dinilai paling ideal mendampingi Husler. Duet dua kader Golkar ini dinilai memiliki kans besar memenangkan Pilkada Lutim karena sama-sama memiliki basis massa yang jelas.

Ketokohan Andi Hatta, ayah Andi Ichi yang tidak lain mantan Bupati Lutim dua periode, tidak bisa dianggap enteng. Namun, Andi Ichi dibayangi nama adik Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel, Andi Waris Halid. Jika sokongan DPD I, kans Waris Halid dinilai kuat.

Ketua DPD II Golkar Luwu Timur, Thorig Husler digadang bakal berpasangan dengan mantan anggota DPR RI, Andi Fauziah Pujiawatie Hatta pada Pilkada 2020 mendatang. Andi Fauziah, politisi Golkar ini akrab disapa Andi Ichi. Ia adalah putri mantan Bupati Luwu Timur dua periode, Andi Hatta Marakarma.

Sekretaris DPD I Golkar Sulsel, Abdillah Nasir berpendapat, semua bakal calon berpeluang mendampingi Husler di Pilkada 2020. “Semua masih berpeluang. Belum ada proses penetapan,” katanya.

Sejauh ini, lanjut Abdillah Nasir, masih dilakukan kerja-kerja politik untuk menentukan siapa yang bakal mendampingi usungan Golkar di beberapa Pilkada di Sulsel; termasuk di Lutra dan Lutim. (***/cbd)