Utia Sari Judas Minta Camat dan Lurah Lakukan Penyegaran Pengurus Kota Sehat

126
Ketua Forum Kota Sehat Kota Palopo, Utia Sari Judas saat meminpin Rapat Kordinasi (Rakor) persiapan penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat 2020, di Ruang Pola Kantor Walikota Palopo, Selasa (16/6/2020).
ADVERTISEMENT

PALOPO – Ketua Forum Kota Sehat Kota Palopo, Utia Sari Judas, meminta kepada para Camat dan Lurah di Kota Palopo, untuk segera melakukan penyegaran pengurus di tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat OlehMW Quiz

Hal itu, untuk melakukan penyegaran pada Kecamatan dan Kelurahan, yang baru saja berganti. Sebab katanya, itu demi memudahkan kordinasi antar pengurus Forum Kota Sehat di tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

ADVERTISEMENT

Hal itu, dikatakan oleh istri Walikota Palopo, HM Judas Amir ini, dalam Rapat Kordinasi (Rakor) persiapan penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat 2020, di Ruang Pola Kantor Walikota Palopo, Selasa (16/6/2020).

“Untuk para camat dan lurah, karena adanya beberapa telah terganti, untuk itu diharapkan dapat memperbarui pengurus anggota forum kota sehat yang ada disetiap kecamatan dan kelurahan, untuk memudahkan koordinasi camat dan lurah dapat mengenali seluruh pengurus masing-masing sehingga dapat memudahkan jika nantinya ada kegiatan,” katanya.

ADVERTISEMENT

Lebih jauh, dirinya juga meminta kepada para Camat dan Lurah, agar melibatkan masyarakat dalam kepengurusan di tingkat kecamatan, sehingga masyarakat dapat memiliki peranan penting dalam kepengurusan kota sehat nantinya.

Sebab katanya, forum kota sehat tidak hanya berbicara tentang masalah target yang ingin dicapai, namun bagaimana masyarakat bisa menjalani proses dalam tatanan kepengurusa, sehingga masyarakat mampu menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing.

“Untuk keanggotaan di setiap kelurahan dan kecamatan, juga dapat melibatkan masyarakat yang berdomisili di daerah tersebut, sehingga masyarakat juga memiliki peranan penting dalam tatanan kepengurusan.” Terangnya.

“Dalam forum kota sehat ini, bukan masalah target yang ingin dicapai tapi bagaimana proses yang akan dijalani,” tegas Utia Sari Judas.

Tidak hanya itu, dirinya mengatakan jika dalam penyelenggaraan Kota Sehat, Kota Palopo telah menyabet sejumlah penghargaan, sehingga katanya, kedepan Kota Palopo harus memiliki identitas sendiri.

“Jika kita berbicara tentang kota sehat berarti kita berbicara masalah kebersihan, nyaman dan aman. Jadi peranan kita disini adalah bagaimana Kota Palopo ini kedepan dapat memiliki identitas,” pungkasnya.

Sementara, Asisten I Bidang Pemerintahan, Burhan Nurdin, menyampaikan terkait dengan yang telah disampaikan tim pembina kota sehat bahwa perkembangan kota sehat tingkat kota ini sepenuhnya akan di dukung ditingkat kecamatan dan kelurahan.

“Seperti juga yang telah dijelaskan bahwa beberapa komponen masyarakat harus dilibatkan dalam pengurusan kota sehat. Tentu dengan kebersamaan, kita dapat mempertahankan apa yang selama ini telah diraih Kota Palopo,” katanya. (Hms/Sya)

ADVERTISEMENT