Wajib Libas Filipina di Laga Terakhir, Timnas Diperkuat ‘Bang Jay’ dan Calvin Verdonk

40
Jay Idzes dan Calvin Verdonk
ADVERTISEMENT

Filipina harus hati-hati ketika menghadapi Timnas Indonesia di laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Filipina yang sudah dipastikan tersingkir akan menghadapi Timnas Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024) mendatang.

Pada pertandingan ini, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sudah dipastikan akan melakukan rotasi pada pertandingan tersebut. Kapten tim Skuad Garuda Jordi Amat sudah dipastikan absen karena kartu merah langsung yang dia terima pada pertandingan melawan Irak, Kamis (6/6/2024) lalu.

ADVERTISEMENT

Timnas Indonesia pun akan memiliki tambahan kekuatan baru dengan kehadiran pemain anyar, Calvin Verdonk. Proses naturalisasi Calvin Verdonk yang sudah selesai membuat pemain NEC Njimelgen ini bisa bertanding pada laga tersebut.

Selain itu, ada pula pemain yang baru saja membawa Venezia promosi di Liga Italia, Jay Idzes yang sudah bergabung dengan Timnas Indonesia. Sebelumnya, pemain yang akrab disapa Bang Jay tak bisa bertanding karena baru tiba pada Rabu (5/6/2024) alias H-1 pertandingan melawan Irak.

ADVERTISEMENT

Tentu dengan kehadiran Calvin Verdonk dan Jay Idzes, maka skuad Timnas Indonesia akan semakin padu. Shin Tae-yong masih akan mempercayakan posisi kiper utama pada Ernando Ari.

Meski blunder Ernando menjadi penyebab kekalahan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bukanlah tipe pelatih yang menyingkirkan pemain begitu saja.

ADVERTISEMENT

Rotasi pun akan terjadi di bek tengah dengan menurunkan trio baru, Jay Idzes, Rizky Ridho dan Justin Hubner. Calvin Verdonk bisa mencicipi posisinya di bek sayap bersama dengan Sandy Walsh. Maju ke gelandang bertahan, duet eks SC Heerenveen Thom Haye dan Nathan Tjoe-A-On pun akan kembali tersaji.

Di lini sayap, ada Marselino Ferdinan dan Ragnar Oratmangoen yang bisa menyalurkan bola ke Rafael Struick yang bertugas sebagai striker tunggal. Timnas Indonesia wajib meraih poin penuh agar bisa lolos ke putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 tanpa melihat hasil pertandingan lainnya.

Saat ini Timnas Indonesia berada di posisi dua klasemen sementara dengan tujuh poin dan ada di bayang-bayang Vietnam yang berada di posisi tiga dengan enam poin. Dengan kemenangan dari Filipina, apapun hasil laga Vietnam melawan Irak tak akan berpengaruh pada Timnas Indonesia. Dimana tiket menuju putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2027 sudah ada di tangan. (hfp)

ADVERTISEMENT