Walikota Salat Ied di Saokotae, Wawali di Salolo Sekaligus Peletakan Batu Pertama Masjid Al Hidayah

108
ADVERTISEMENT

PALOPO–Walikota Palopo HM Judas Amir bersama Ketua TP PKK Kota Palopo Hj. Utia Sari Judas melaksanakan salat Idul Fitri 1442 H secara berjamaah di Masjid Rujab Saokotae, Kamis 13 Mei 2021.

Meskipun masih dalam pandemi Covid-19 pelaksanaan salat Idul Fitri tetap dilaksanakan umat muslim di masjid-masjid di kota Palopo dengan tetap mengikuti anjuran Pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan menjaga jarak serta memakai masker.

ADVERTISEMENT

Walikota Palopo dalam sambutannya menyampaikan meskipun kita dalam kondisi sulit karena pandemi covid-19 namun kita tetap berbahagia karena keadaan kita lebih baik jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Harapan tersebut tentu akan lebih cepat terwujud jika kita semua siap bekerjasama dan saling mendukung antara pemerintah dengan masyarakat berdoa kepada Allah Swt semoga semoga Allah segera mengangkat wabah ini.

ADVERTISEMENT

Satu bulan lamanya kita telah melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainnya pada bulan Ramadhan semoga dengan bulan ramadyini semakin mengokohkan hubungan kita dengan Allah Swt.

Setelah keluar dari bulan Ramadhan semoga nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kita menjadi panduan dalam menjalani kehidupan di luar bulan Ramadhan sehingga Allah Swt memberikan perlindungan dan pertolongan kepada kita semua.

Walikota juga menegaskan beberapa hal diantaranya setelah pelaksanaan shalat idul fitri agar masing-masing kembali ke rumah tanpa melakukan kontak fisik dalam bentuk berjabat tangan.

Kemudian tidak melakukan open house atau halal bihalal yang memungkinkan terjadinya kerumunan dan sedapat mungkin tidak menerima tamu lebih dari lima orang dalam waktu bersamaan. Hal tersebut dilakukan oleh pemerintah semata-mata karena pertimbangan kemaslahatan bersama yang ingin kita capai, kita hanya berikhtiar seraya berserah diri kepada Allah swt.

Walikota juga menyampaikan atas nama keluarga dan Pemerintah Kota Palopo mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 syawal Tahun 1442 H.

Adapun yang bertindak sebagai Imam pada kesempatan itu Misbahullag dan yang bertindak Khutbah Shalat Idhul Fitri HM Suyuti Yusuf.

Wawali Salat Ied dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid di Salolo

Usai menunaikan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H bersama masyarakat, Wakil Walikota Palopo H Rahmat Masri Bandaso melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al Hidayah Salolo-Palopo.

Dalam kesempatan itu turut hadir melakukan peletakan batu antara lain anggota DPRD Kota Palopo H. Zubir Surasman, Camat Wara Utara, Ramli, dr. H. Andi Iqra Massimpuang, Ketua AMAN Tana Luwu Bata Manurun, Wakil Ketua TP PKK Hj. Nurlinda Sabani MM.

Menurut ketua pengurus masjid Al Hidayah, Drs. HM Djabir SH bahwa pembangunan masjid tersebut sudah mendesak dilakukan karena bangunan sudah memasuki usia setengah abad. “Karena itu harus dibangun,” tandas pensiunan Polantas Polres Luwu ini.

Hal senada diungkapkan oleh H. Rahmat Masri Bandaso yang didaulat jamaah sebagai ketua pembangunan masjid Al Hidayah Salolo-Palopo bahwa kondisi masjid memang harus dibangun lebih representatif.

Mantan ketua DPRD Palopo ini menguraikan bahwa bangunan baru masjid yang berlokasi di Jalan Andi Pangerang tersebut dirancang dengan dua lantai, pada lantai pertama akan difungsikan sebagai ruang serbaguna yang dapat digunakan oleh masyarakat apabila ingin menggelar hajatan, sedangkan lantai dua adalah ruang salat.

“Insya Allah kita upayakan agar tahun depan bangunan ini dapat difungsikan, target satu tahun ini kita tetapkan agar semuanya dapat bekerja keras untuk menuntaskan pembangunan masjid,” ujarnya seraya diaminkan oleh segenap hadirin pada kesempatan itu.

RMB pada hari ini menunaikan salat Idul Fitri di masjid Al Hidayah Salolo Palopo.

Uztas Sugianto yang bertindak sebagai khatib pada kesempatan itu menekankan perlunya menjaga tadarrus Al Qur’an dan menggalakkan program sedekah.

(*)

ADVERTISEMENT