WASPADA! Angka Positif Covid-19 Terus Meningkat di Luwu Raya, Sudah 203 Warga Meninggal

338
Cover utama KORAN SERUYA edisi 1 Juli 2021
ADVERTISEMENT

PALOPO–Kasus pasien positif Covid-19 di empat wilayah yang ada di Luwu Raya, kembali mengalami peningkatan. Meningkatnya warga terinfeksi virus corona di Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur, patut diwaspadai.

Dari data Satgas Covid-19 di empat wilayah tersebut, Kabupaten Luwu Timur menjadi daerah yang mencatatkan pasien aktif Covid-19 terbanyak, dengan jumlah kasus sebanyak 121 pasien. Sehingga status daerah yang dikenal dengan julukan Bumi Batara Guru itu, masuk dalam zona orange Covid-19 di Sulawesi Selatan (Sulsel).

ADVERTISEMENT

Tidak hanya itu, angka pasien Covid-19 yang meninggal di wilayah tersebut, juga terbilang cukup tinggi jika dibandingka dengan daerah lainnya yang ada di Luwu Raya. Berdasarkan data terkahir tim Satgas Covid-19 Kabupaten Luwu Timur, tercatat sebanyak 72 orang pasien positif yang meninggal dunia.

Sejauh ini, total akumulasi kasus konfirmasi Covid-19 di Luwu Timur sudah 4.193 orang, dimana 4.000 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh dan 121 orang masih menjalani perawatan.

“kasus baru 16 orang, diantaranya dari Kecamatan Wotu 1 orang, Tomoni 2, Malili 1 orang, Wasuponda 4 orang, Nuha 4 orang, dan Towoti 4 orang.,” kata Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Luwu Timur, Masdin, Rabu (30/6/2021).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Luwu Timur ini menambahkan kasus baru tersebut dari Kecamatan Tomoni dua orang, Mangkutana satu orang, dan Malili empat orang. Kemudian Kecamatan Wasuponda dan Nuha masing-masing delapan orang, serta Towuti lima orang.

Peningkatan pasien positif juga terjadi di Kabupaten Luwu, berdasarkan data terakhir Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Luwu, tercatat sebanyak 10 orang pasien positif Aktif yang masih menjalani perawatan.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto mengatakan, total kasus positif di daerahnya telah mencapai 697 kasus. Namun 658 diantaranya sudah dinyatakan sembuh, 27 meninggal dan 12 isolasi. “Ada 12 orang yang masih menjalani isolasi,” kata Fajar

Hal yang sama juga terjadi di Kota Palopo, berdasarkan data terakhir dari Tim Satgas Covid-19 Kota Palopo, total pasien yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 telah mencapai angka 1.426 orang. Dimana 1.335 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh. Sementara sebanyak 56 orang dinyatakan meninggal dunia. Angka kasus Covid-19 di Kota Palopo sendiri sempat mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Bahkan, Kota Palopo sempat mencatatkan nihil kasus. Hal itu terjadi selama dua pekan, hingga akhirnya kasus Covid-19 di daerah yang berjuluk kota Idaman itu kembali mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palopo, dr Ishaq Iskandar mengatakan total kasus aktif saat ini 35 orang. “Ada 35 pasien positif aktif. Sepuluh orang dirawat di rumah sakit, enam belas orang isolasi mandiri dan sembilan orang isolasi di hotel duta Covid,” katanya

Kasus konfirmasi positif Covid-19 aktif di Kabupaten Luwu Utara, juga terus bertambah. Berdasarkan data terakhir tim Satgas Covid-19 di Luwu Utara, terjadi penambahan sebanyak 9 kasus.

“Hari ini kembali ada penambahan kasus yang cukup signifikan, yakni 9 kasus,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Luwu Utara, I Komang Krisna beberapa waktu lalu.

Penambahan 9 kasus terjadi di 4 kecamatan. 3 kasus di Sukamaju, 3 Malangke Barat, 2 Sukamaju Selatan, dan 1 di Sabbang. “Ada yang isolasi mandiri ada juga yang dirawat di RS,” tuturnya.

Sampai saat ini, kasus positif Luwu Utara mencapai 1.384. Sembuh 1.317, meninggal 48, dan menjalani perawatan 19 orang.

Sekedar informasi, pemerintah hingga saat ini terus melakukan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Pemerintah juga tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Tidak hanya itu, saat ini pemerintah juga tengah menggenjot proses vaksinasi. (Har/Rah/Sya)

Data Covid-19 di Luwu Raya:

KABUPATEN LUWU

Total Positif: 697 Orang
Positif Aktif: 12 Orang
Sembuh : 658 Orang
Meninggal: 27 Orang

KOTA PALOPO

Total Positif: 1.426 Orang
Positif Aktif: 35 Orang
Sembuh: 1.335 Orang
Meninggal: 56 Orang

KABUPATEN LUWU UTARA

Total Positif: 1.384 Orang
Positif Aktif: 19 Orang
Sembuh: 1.317 Orang
Meninggal: 48 Orang

KABUPATEN LUWU TIMUR

Total Positif : 4.193 Orang
Positif Aktif: 121 Orang
Sembuh : 4.000 Orang
Meninggal: 72 Orang

ADVERTISEMENT