Komunitas pecinta alam di Palopo melakukan aksi bersih jelang ramadan di sejumlah titik yang ada di Palopo.

PALOPO — Puluhan pemuda dari Komunitas Pecinta Alam Kota Palopo menggelar bersih ramadan, Minggu (13/5/18) pagi di pusat keramaian Kota Palopo. Kegiatan ini merupakan kegiatan silaturahmi sesama pecinta alam yang terhimpun di Kota Palopo maupun yang ada diluar Kota Palopo. Mereka tak sungkan memungut sampah yang berserakan di jalan hingga terjun ke got di berbagai titik.

“Kegiatan ini dinamakan bersih ramadan. Ini inisiatif dari tiga lembaga, yaitu KPG Sawerigading, KPA Gerhana Sawerigading dan LPPD Crisalis,” kata Cindy, panitia pelaksana. Hadir juga perwakilan dari lembaga seperti KPA JARI, LPA PARAS, SISPALA SAM 3, LPA GENALI dan KARPALA Lutra.

“Kegiatan ini bertujuan menjalin silaturahmi sesama pecinta alam dalam menyambut bulan suci ramadan sekaligus menggelar bakti sosial,” sebut Ketua KPG Sawerigading, Ali. “Harapan kita ke depan silaturahmi ini tetap terjaga, sehingga eksistensi dari pecinta alam akan selalu dinikmati oleh masyarakat,” tambahnya.

Hal senada diungkapkan Amirullah selaku ketua LPPD Crisalis. “Alhamdulillah, apa yang kami lakukan juga bekerjasama dengan pihak pemerintah dalam hal ini Dinas Kebersihan dan Dinas Lingkungan Hidup. Tentu ini merupakan kerjasama yang harus di bangun antara pemerintah dan Komunitas Pecinta Alam,” kata Ulla, sapaan akrabnya.

Tidak hanya itu, Ketua KPA GERHANA Sawerigading, Harum menyinggung terkait dampak yang ditimbulkan akibat sampah yang dibuang sembarangan, akan menjadi salah satu faktor terjadinya bencana alam seperti Banjir. Sehingga kegiatan ini dilakukan agar mampu menjadi cerminan bagi masyarakat khususnya masyarakat Kota Palopo agar kiranya ikut andil dalam menjaga lingkunga dan tidak membuang sampah sembarangan. “Jangan hanya mengeritik pemerintah, akan tetapi mari kita bekerjasama dengan pemerintah dalam menjaga lingkungan yang bersih, aman dan damai,” kata Harum. (suf)