64 Warga Palopo Ikuti Pelatihan Ketenagakerjaan

46
ADVERTISEMENT

PALOPO – Sebanyak 64 orang peserta mengikuti pelatihan berbasis kompetensi program pendidikan dan pelatihan vokasi tahun anggaran 2023.

Mereka dibagi dalam 16 paket yakni, pelatihan penjaitan pakaian dengan mesin, pelatihan komputer operator assistant, pelatihan junior make up artist dan pelatihan barista.

ADVERTISEMENT

Kegiatan ini dibuka Walikota Palopo, HM Judas Amir yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palopo, Firmanza DP, Selasa (9/5/2023).

Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh UPT Balai Latihan Kerja Kota Palopo binaan BBPVP Kota Makassar, di Aula BLK Kota Palopo.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palopo, Asmiati menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk mempersiapkan tenaga kerja, agar mampu beradaptasi dengan perubahan dunia kerja dan mampu menghadapi persaingan global yang semakin ketat.

“Serta meningkatkan SDM yang unggul dan maju dan menciptakan generasi pekerja keras yang terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta berdedikasi yang tinggi,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

Sementara, Walikota Palopo yang diwakili Firmanza DP mengatakan, pelatihan berbasis kompetensi yakni pelatihan kerja yang menitikberatkan pada penguasaan kemampuan kerja.

Pelatihan kerja seperti ini katanya, menekankan pembelajaran kearah penciptaan dan peningkatan serangkaian kemampuan dan potensi peserta latih agar mampu mengantisipasi dan beradaptasi dengan tantangan dunia kerja.

“Oleh karena itu kita berharap pelatihan ketenagakerjaan seperti ini menjadi bagian dari upaya konsolidasi berbagai elemen pemerintah dan stakeholder ketenagakerjaan dalam memberikan wawasan, pengetahuan, keterampilan dan sikap mental,” ujarnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta pelatihan kepada masing-masing perwakilan. (*)

ADVERTISEMENT